Siti Aisyah Bebas, Keluarga: Alhamdulillah, Siti Bukan Pembunuh

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Senin, 11 Mar 2019 12:07 WIB
Siti Aisyah (MOHD RASFAN/AFP)
Pandeglang - Keluarga besar Siti Aisyah bersyukur mendengar informasi dibebaskannya Siti Aisyah dari dakwaan pembunuhan Kim Jong-nam. Keluarga dari awal memang meyakini Siti Aisyah bukan pembunuh.

"Alhamdulillah, lega banget pikiran. Keluarga besar bersyukur, keluarga memang yakin Siti bukan pembunuh," kata bibi Siti Aisyah, Darsinah, saat dihubungi detikcom, Senin (11/3/2019).

Darsinah menegaskan, keluarga sejak awal yakin Siti Aisyah tidak membunuh Kim Jong-nam. Apalagi Siti dikenal baik di lingkungan keluarga di Kampung Ranca Sumur, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang.


Ayah dan Ibu Siti Aisyah, Asria dan Benah, menurut Darsinah, sudah dijemput pihak pemerintah RI pada Minggu (10/3). Saat ini, rumah Siti Aisyah di kampung kosong.

"Ada yang ngejemput, kita juga kurang tahu, naik mobil aja. Soalnya belum diceritain," ujarnya.

Keluarga besar lain di kampung, kata Darsinah, mendengar kabar pembebasan Aisyah dari dakwaan pembunuhan lewat berita. Keluarga bersyukur dan menanti kepulangan Siti Aisyah ke kampung.

"Barusan denger, alhamdulillah lega pikiran," pungkasnya.


Siti Aisyah dibebaskan lewat kewenangan Jaksa Agung Malaysia berdasarkan Pasal 254 Kitab Hukum Acara Pidana Malaysia. Pemerintah sudah intens melakukan lobi hingga akhirnya dakwaan pembunuhan dicabut.

Sementara itu, Siti Aisyah mengaku terkejut atas pembebasan dirinya lewat pencabutan dakwaan. Sti Aisyah dibebaskan dari tahanan pada Senin (11/3)


Pembebasan Siit Aisyah diputuskan oleh hakim Azmin Ariffin dalam persidangan di Pengadilan Tinggi Shah Alam, Malaysia. Dalam putusannya, hakim Azmin mengabulkan permohonan jaksa, yang mencabut dakwaan pembunuhan yang sebelumnya didakwakan terhadap Aisyah.


Saksikan juga video 'Saat Pembelaan Aisyah Terdakwa Pembunuhan Kim Jong-nam Ditunda':

[Gambas:Video 20detik]

(bri/fdn)