KAI Buka Peluang Gerbong KRL yang Anjlok di Kebon Pedes Bisa Dipakai Lagi

KAI Buka Peluang Gerbong KRL yang Anjlok di Kebon Pedes Bisa Dipakai Lagi

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Senin, 11 Mar 2019 08:14 WIB
Edi Sukmoro (Foto: Grandyos Zafna/detik.com)
Edi Sukmoro (Foto: Grandyos Zafna/detik.com)
Jakarta - Tiga gerbong KRL Jakarta-Bogor yang terguling di Kebon Pedes, Bogor, telah dievakuasi. PT KAI melakukan pengecekan terhadap gerbong-gerbong tersebut.

Ketiga gerbong itu telah dievakuasi kereta penolong Djoko Tingkir pagi tadi. Gerbong dievakuasi ke Dipo KRL Bogor.


"Diperiksa secara teknis, apakah memang masih bisa digunakan. Kalau tidak, maka itu tidak boleh digunakan kembali. Tetapi kalau masih bisa digunakan, maka itu akan diperbaiki," kata Dirut PT KAI, Edi Sukmoro di kawasan Tanah Sereal, Kota Bogor, Senin (11/3/2019).

Edi menjelaskan PT KAI akan mengecek keseluruhan fisik gerbong. Selain itu, pemeriksaan terhadap Listrik Aliran Atas (LAA) dan rel kereta juga masih akan terus dilakukan.

"Hampir semuanya kita berikan perhatian, termasuk pemeriksaan lagi pada jalurnya, apakah jalur ini masih layak. Kemudian LAA, Listrik Aliran Atasnya, termasuk bantalan-bantalannya diperiksa semua," ujarnya.


"Takutnya ada yang pecah atau sudah harus diganti, kita ganti," imbuh Edi.

Saat ini, KRL relasi Jakarta-Bogor-Jakarta hanya beroperasi di satu jalur. KRL melintas bergantian. Hal ini sebelumnya disampaikan VP Komunikasi PT KCI Eva Chairunisa. KRL beroperasi sejak pukul 05.00 WIB.


"Seluruh kereta yang anjlok selesai dievakuasi, sebagian KRL mulai beroperasi hingga Stasiun Bogor mulai pukul 05.00 WIB menggunakan satu jalur bergantian," kata Eva, hari ini.


Saksikan juga video 'Perbaikan Lajur KRL Bogor Dikebut, Ditargetkan Segera Normal':

[Gambas:Video 20detik]

(tsa/rna)