Temui Ma'ruf, Farhan hingga Wanda Hamidah Deklarasi Antihoax

M Guruh Nuary - detikNews
Jumat, 08 Mar 2019 10:55 WIB
Foto: Sejumlah artis menemui Ma'ruf Amin. (Guruh-detikcom)
Jakarta - Sejumlah artis menemui Cawapres Ma'ruf Amin di Menteng, Jakarta Pusat. Mereka mendeklarasikan antiberita bohong atau hoax.

Pertemuan itu digelar di kediaman Ma'ruf Jalan Situbondo, Menteng Jakarta Pusat, Jumat (8/3/2019). Di antara yang hadir yakni Nia Dinata, Ria Irawan, Chicha Koeswoyo, Wanda Hamidah, hingga Muhammad Farhan.


Ma'ruf mengaku mengapresiasi generasi muda yang peduli untuk mengawal dan menjaga keutuhan bangsa. Menurut Ma'ruf, semangat itu sejalan dengan misi Jokowi-Ma'ruf untuk menjaga Pilpres ini berjalan tanpa hoax tanpa fitnah.

"Oleh karena itu kita memang harus mendukung deklarasi ini karena hoax dan fitnah itu menjadi sumber konflik, sumber perpecahan, sumber kegaduhan dan ketidaktentraman bangsa ini," kata Ma'ruf dalam sambutannya.


Ma'ruf ingin pilpres berjalan dengan baik dan jujur. Ma'rud menegaskan pilpres bukan perang, tapi mencari pemimpin terbaik,

"Karena itu pilpres tidak boleh merusak keutuhan bangsa, tidak boleh memunculkan perpecahan karena kita sebagai bangsa adalah bersaudara satu sama lain walaupun berbeda pilihan, sehingga perbedaan itu tidak boleh membuat kita terpecah-belah apalagi bermusuhan," tuturnya.

Berikut isi deklarasi antihoax, fitnah, dan ujaran kebencian yang mereka bacakan:

1. Kami putra-putri Indonesia bersumpah, berbangsa satu, bangsa yang menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan.

2. Kami putra-putri Indonesia bersumpah, bertanah air satu, Tanah Air tanpa fitnah dan ujaran kebencian.

3. Kami putra-putri Indonesia bersumpah, berbahasa satu, bahasa kebenaran dan kejujuran.

4. Kami putra-putri Indonesia bersumpah, berjiwa satu, jiwa yang menjunjung tinggi persaudaraan dan menolak perpecahan.

5. Kami putra-putri Indonesia bersumpah, bertekad satu, tekad amar MA'RUF dengan cara yang AMIN, karena hoax adalah munkar. (idh/imk)