Jokowi Hanya Dikawal Danpaspampres di KRL

Andhika Prasetia - detikNews
Kamis, 07 Mar 2019 07:09 WIB
Foto: Jokowi naik KRL (dok. Istimewa)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak dikawal secara ketat saat pulang kerja naik KRL dari Jakarta-Bogor. Jokowi hanya dikawal Komandan Paspampres Mayjen Maruli Simanjuntak.

"Cuma berdua," ujar Maruli saat dihubungi, Rabu (6/3/2019) malam.


Ia menjelaskan, hal itu atas permintaan langsung Jokowi. Maruli mengatakan, Jokowi tidak ingin dikawal ketat karena ingin berbaur dengan masyarakat.

"Betul, agar lebih dekat dengan masyarakat, agar bisa berkomunikasi langsung, contohnya hal-hal seperti 'kami setiap hari begini pak, kalau bisa ditambah gerbong pak'," jelas Maruli.


Momen Jokowi menaiki KRL dilakukan pada hari Rabu (6/3) sore selepas sejumlah agenda kepresidenan. Jokowi yang masih mengenakan kemeja putih tampak berbaur dengan masyarakat. Jokowi menaiki KRL dari Stasiun Tanjung Barat menuju Stasiun Bogor sekitar pukul 17.45 WIB.

"Tadi usai kegiatan Presiden pulang ke Bogor menggunakan kereta KRL. Tanpa pengawalan ketat. Presiden naik dari Stasiun Tanjung Barat menuju Bogor," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin. (zap/dkp)