DetikNews
Selasa 05 Maret 2019, 13:14 WIB

Dilelang, Rumah Eks Ketua MK Akil Mochtar Tak Ada yang Minat

Tim detikcom - detikNews
Dilelang, Rumah Eks Ketua MK Akil Mochtar Tak Ada yang Minat Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar (Foto: Hasan Al Habshy)
Pontianak - Rumah mantan Ketua MK Akil Mochtar, yang dirampas KPK tak laku dilelang. Rumah yang berada di pusat kota Pontianak, Kalimantan Barat, tersebut diserahkan KPK ke Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pontianak.

"Barang rampasan itu milik mantan Ketua MK, Akil Mochtar, berupa sebidang tanah dan bangunan senilai Rp 764 juta di Jalan Karya Baru, Kecamatan Pontianak Tenggara," kata Deputi KPK Bidang Penindakan, Firli di Pontianak, yang dilansir Antara, Selasa (5/3/2019).

Dia menjelaskan, barang rampasan yang diserahkan ke KPKNL Pontianak, adalah yang tidak laku ketika dilelang. Sementara itu, Akil Mochtar sendiri divonis seumur hidup dalam kasus korupsi dan pencucian uang.



Ia menambahkan, aset yang diserahkan itu telah sesuai dengan pelaksanaan penetapan peraturan menteri keuangan terkait penerimaan negara. Penyerahan aset ini merupakan salah satu tugas pokok dan fungsi KPK Bidang Penindakan dan Pencegahan.

"Kita juga melakukan pengembalian aset dalam hal ini menyerahkan aset dalam perkara bapak Akil Mochtar berupa satu unit lahan dan rumah," ungkapnya.



Menurut dia, sepanjang tahun 2017 hingga 2019 KPK telah melakukan menyelamatkan aset negara sebesar Rp 1,3 triliun di berbagai daerah di Indonesia.

"Masih tingginya angka korupsi yang terjadi Indonesia, karena dipicu oleh beberapa sebab, salah satunya sistem pemerintahan yang gagal. Nah ini bisa dilakukan reformasi birokrasi khususnya bidang pelayanan dan hukum," katanya.
(rvk/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed