DetikNews
Minggu 03 Maret 2019, 15:49 WIB

KPU Sumut: Video Viral 'Surat Suara Tercoblos 01' di Medan Hoax

Zakia Liland Fajriani - detikNews
KPU Sumut: Video Viral Surat Suara Tercoblos 01 di Medan Hoax Ilustrasi surat suara (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta - Viral video singkat dengan keterangan bahwa ada surat suara telah tercoblos nomor urut 01 di Kota Medan beredar di media sosial. Namun keterangan video tersebut ditepis KPU Sumatera Utara (Sumut).

"Kami jelaskan bahwa itu adalah informasi yang bohong dan hoax," ucap Ketua KPU Sumut Yulhasni di KPU Pusat, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Minggu (3/3/2019).

Yulhasni menyebut video itu sebenarnya terjadi pada 2018 pada saat Pilkada Kabupaten Tapanuli Utara. Saat itu menurut Yulhasni ada massa yang tidak puas dengan hasil rekapitulasi dan mendatangi KPU Tapanuli Utara.

"Jadi peristiwa itu sama sekali bukan peristiwa yang ada di kota Medan. Dan kami pastikan sampai saat ini KPU Kota Medan itu belum menerima surat suara presiden dan wakil presiden sampai sekarang," ucap Yulhasni.




Dia menyebut teriakan 01 yang ada di dalam video itu tidak merujuk pada nomor urut capres-cawapres untuk Pemilu 2019. Saat itu disebut Yulhasni karena massa merasa ada kecurangan.

"Kalau misalnya rekan-rekan mendengar suara teriakan 01 01 karena sebenarnya 01 itu yang mereka protes. Karena memang petahana (di Pilkada Kabupaten Tapanuli Utara) kemarin yang dianggap melakukan kecurangan dan KPU dianggap terlibat," sebutnya.

"Jadi, amplop yang diangkat-angkat itu sebenarnya adalah berisi surat C1 scan yang akan diunggah. Jadi, bukan C1 yang sudah tercoblos untuk pasangan nomor urut tertentu," imbuhnya.

Dalam video yang beredar tersebut tampak sekumpulan orang mendatangi suatu lokasi. Kemudian, terlihat orang mengacungkan amplop serta memprotes KPU. Sedangkan dalam caption atau keterangan video yang beredar di media sosial disebutkan bila peristiwa dalam video itu terjadi di KPU Kota Medan disertai keterangan bila surat suara telah tercoblos untuk nomor urut 01.


Saksikan juga video 'Kreator Hoax Surat Suara Tercoblos Diserahkan ke Kejari Jakpus':

[Gambas:Video 20detik]




Ikuti perkembangan terbaru Pemilu 2019 hanya di detikPemilu. Klik di sini




(dhn/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed