Kunjungan ke Karawang, Ma'ruf Amin Ziarah ke Makam Syekh Quro

M Guruh Nuary - detikNews
Sabtu, 02 Mar 2019 18:14 WIB
Cawapres Ma'ruf Amin berziarah di makam Syekh Quro di Karawang Barat (Foto: M Guruh Nuary/detikcom)
Karawang Barat - Safari politik terus dilakukan oleh cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin ke Jawa Barat. Dalam lawatannya ke Karawang, Ma'ruf menyempatkan diri berziarah ke makam Syekh Quro.

Pantauan detikcom, Ma'ruf dengan rombongan tiba di Masjid Agung Syekh Quro Karawang pukul 15.45 WIB. Ma'ruf langsung menuju makam Syekh Quro dengan ditemani Ketua DKM Masjid Agung Syekh Quro Acep Jamhuri beserta pengurus lainnya.


Ma'ruf ditemani istri beserta rombongan duduk di samping makam Syekh Quro. Dalam ziarah ini mereka melafalkan kalimat tauhid, setelah itu ditutup dengan berdoa. Sekitar 15 menit berziarah, Ma'ruf beserta rombongan pun keluar.

"Acaranya sendiri nanti malam, Karawang Bershalawat. Saya akan hadiri nanti malam. Karena itu sorenya saya mampir dulu ziarah ke Syekh Quro namanya, Syekh Hasanuddin. Ini pesantren pertama di Indonesia," ujar Ma'ruf setelah berziarah di Masjid Agung Syekh Quro Karawang, Jalan KH Ahmad Dahlan, Karawang Barat, Jawa Barat, Sabtu (2/3/2019).


Ma'ruf Amin kemudian menceritakan bahwa Syekh Quro ini merupakan guru dari Nyai Subang Rarang yang dinikahi oleh Prabu Siliwangi. Lalu Ma'ruf menceritakan silsilah tersebut sampai pada Maulana Syarif Hidayatullah.

"Nah, Syekh Quro ini punya murid namanya Nyai Subang Rarang. Nah, Nyai Subang Rarang itu yang kemudian yang menikah dengan Prabu Siliwangi, melahirkan yaitu tiga anaknya Kian Santang yang ada di Garut, Raden Rahmat. Kemudian, Walang Sungsang yang ada di Cirebon. Dan perempuan namanya Rara Santang, Rara Santang itu lah ibu daripada Maulana Syarif Hidayatullah," kata Ma'ruf.


Tak berhenti sampai di situ, Ma'ruf membeberkan bahwa dari keturunan itulah kemudian sampai kesultanan yang di Cirebon dan juga Banten. Dirinya pun tidak menampik jika berziarah untuk mengambil berkah.

"Kemudian menurunkan ada yang Cirebon, ada yang Banten. Termasuk Sultan Banten itu adalah keturunan beliau. Jadi saya ngambil berkah ke sini," katanya.



Tonton juga video Jokowi-Ma'ruf Dapat Dukungan dari Arus Baru Muslimah:

[Gambas:Video 20detik]

(jbr/ear)