Mengintip Persiapan WNI di New York Jelang Pemilu 2019, Debat Jadi Patokan

Rina Atriana - detikNews
Jumat, 01 Mar 2019 11:40 WIB
WNI di New York siap memilih di pemilu 2019 (Foto: Dok. PPLN New York)
WNI di New York siap memilih di pemilu 2019 (Foto: Dok. PPLN New York)
Jakarta - Sebanyak 11.582 WNI terdaftar di DPTHLN (Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan) KJRI New York, Amerika Serikat. Mereka pun siap untuk menggunakan hak pilihnya di pemilu 2019.

Berdasarkan informasi dari KJRI New York, Jumat (1/3/2019), sebanyak 11.582 calon pemilih tersebut tersebar di 13 negara bagian wilayah kerja PPLN KJRI New York. Mulai dari New York hingga West Virginia.


Mahasiswa Indonesia lulusan Colombia University yang saat ini telah bekerja sebagai guru konseling di Queens, Robinson Sinurat, menyebut WNI lebih antusias mengikuti pemilu 2019 dibanding pemilu sebelumnya.

"Kita bisa menilai dari opini masyarakat Indonesia di media sosial setelah debat presiden baru-baru ini. Menurut observasi saya semakin banyak juga generasi millennials yang turut berpartisipasi di pemilu tahun ini, jadi semakin seru," ujar Robinson.

Mengintip Persiapan WNI di New York Jelang Pemilu 2019, Debat Jadi PatokanFoto: Dok. PPLN New York
Seperti diketahui Pemilu Serentak di LN akan dilaksanakan pada tanggal 8 hingga 14 April 2019. Khusus di New York, pencoblosan akan digelar 13 April 2019 di TPS KJRI New York mulai pukul 08.00-18.00 waktu setempat. Selain itu, WNI yang terdaftar sebagai pemilih juga bisa menyalurkan hak pilihnya melalui KSK maupun Pos.

"Sejak dilantik pada 6 Maret 2018, PPLN New York telah memenuhi setiap tahapan Pemilu LN seperti diberlakukan oleh KPU Pusat dan jadwalnya transparan serta bisa diakses oleh masyarakat umum melalui website dan semua media sosial lainnya," ujar Ketua PPLN New York, Indriyo Sukmono.


"Pasca diterbitkannya DPTHLN, terdapat calon pemilih yang belum terdaftar karena berbagai sebab antara lain: pindah lokasi, turis, atau WNI yang tidak memperbaiki data seperti pindah alamat yang berakibat kembalinya surat PPLN, dll. Dalam hal ini, PPLN New York secara terbuka telah dan masih terus memfasilitasi serta mengakomodasi hak WNI sesuai dengan PKPU No 3, Tahun 2019 Pasal 99 - 101 yang mengatur DPTb (DPT Tambahan) dan DPK agar WNI tetap bisa mengikuti Pemilu 2019," bebernya.

(rna/tor)