detikNews
Kamis 28 Februari 2019, 19:55 WIB

Jokowi-Ma'ruf Unggul di Survei Cyrus Network, TKN Tak Mau Terlena

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Jokowi-Maruf Unggul di Survei Cyrus Network, TKN Tak Mau Terlena Jokowi-Ma'ruf (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta - Pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf unggul di survei Cyrus Network dan meraih elektabilitas 57,5 persen. Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf mengaku tak terlena oleh hasil tersebut.

"Hasil survei Cyrus Network ini menunjukkan bahwa pasangan kami tren-nya meningkat. Hasil ini tak membuat kami terlena. Kami harus terus bekerja keras untuk mencapai target elektabilitas 70 persen," kata juru bicara TKN Jokowi-Ma'ruf, Ace Hasan Syadzily, kepada wartawan, Kamis (28/2/2019).

Ace menuturkan ada beberapa alasan mengapa tren Jokowi-Ma'ruf meningkat. Menurutnya, paslon yang diusungnya itu unggul dalam debat pertama dan kedua serta mampu lebih meyakinkan para undecided voters.


"Kedua, program-program kami, seperti Kartu Sembako, Kartu KIP Kuliah, dan Kartu Pra-kerja, merupakan program yang lebih meyakinkan rakyat. Ketiga, para pendukung kami, baik kader partai maupun para relawan, terus bekerja di level grassroots," tutur Ace.

"Keempat, kubu sebelah selalu melakukan langkah-langkah yang salah dan inkonsisten. Contohnya, Prabowo dan para pendukungnya menyerang pemerintahan Jokowi soal kepemilikan lahan yang dikuasai segilintir orang, tapi justru Prabowo-lah segelintir pihak itu," sambung politikus Golkar itu.

Jokowi-Ma'ruf Unggul di Survei Cyrus Network, TKN Tak Mau TerlenaJuru bicara TKN Jokowi-Ma'ruf, Ace Hasan Syadzily (Azizah/detikcom)

Sebelumnya, lembaga survei Cyrus Network merilis hasil survei elektabilitas pasangan capres-cawapres pada Pilpres 2019. Hasilnya, pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin masih mengungguli pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Survei dilakukan pada 18-23 Januari 2019 terhadap 1.230 responden. Populasinya penduduk Indonesia yang berumur minimal 17 tahun atau sudah menikah. Responden laki-laki dan perempuan sama-sama 50 persen. Responden yang tinggal di wilayah desa 51 persen dan kota 49 persen.

Responden terpilih diwawancarai menggunakan metode face to face. Margin of error survei kurang-lebih 3 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.


Berikut hasil survei elektabilitas capres-cawapres oleh Cyrus Network pada Januari 2019:

-Joko Widodo-Maruf Amin: 57,5 persen.
Kategori pemilihan sudah tetap: 47,8 persen.
Kategori pemilihan masih mungkin berubah: 8,2 persen.
Tidak menjawab: 1,5 persen.

-Prabowo Subianto-Sandiaga: 37,2 persen.
Kategori pemilihan sudah tetap: 29,7 persen
Kategori pemilihan masih mungkin berubah: 6,5 persen
Tidak menjawab: 1,0 persen


Ikuti perkembangan Pemilu 2019 hanya di sini.
(azr/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com