detikNews
Rabu 27 Februari 2019, 15:32 WIB

Menteri LHK soal Kebakaran Hutan Riau: Sudah Ditetapkan Siaga Darurat

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Menteri LHK soal Kebakaran Hutan Riau: Sudah Ditetapkan Siaga Darurat Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar Foto: Jefrie/detikcom
Jakarta - Kebakaran hutan dan lahan terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia, namun yang paling parah terdampak di wilayah Riau. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar mengatakan, langkah-langkah penanganan terus dilakukan.

"Kalau di seluruh Indonesia, masih di Riau," kata Siti saat ditanya wilayah mana yang paling parah kebakaran hutan dan lahannya. Siti menyampaikan pernyataan tersebut di Gedung Manggala Wanabakti, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Rabu (27/02/2019).


Siti mengatakan, pihaknya terus berupaya mencegah kebakaran hutan dan lahan meluas. Koordinasi intensif dilakukan dengan pemerintah daerah setempat, termasuk dengan Polri dan TNI.

"Kemarin sudah di lapangan kok, dan hari ini rapat kerja, rapat koordinasi Pak Gubernur dengan daerah di satgas-nya. Jadi tim kita sudah di lapangan dari 3 hari ini dan Manggala Agni-nya juga kerja keras," ujar Siti.

Dia juga menyatakan mobilisasi TNI juga kuat dalam membantu memadamkan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Riau. Dia menegaskan, langkah-langkah penanganan sudah dilakukan.


"Ya itu tadi. Kan sudah ada standartnya, sudah ada prosedurnya, sudah ditetapkan siaga darurat, jadi langkah-langkah itu sudah dilakukan," jelas Siti.

Sebelumnya, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, total 858 ha lahan sudah terbakar sejak 1 Januari 2019 hingga 21 Februari 2019. Sebarannya, di Rohil 117 Ha, Dumai 46.5 Ha, Bengkalis 639 Ha, Meranti 20.2 Ha, Siak 5 Ha, Pekanbaru 16.01 Ha, Kampar 14 Ha.


Saksikan juga video 'Bengkalis dan Dumai Diselimuti Asap Kebakaran Hutan':

[Gambas:Video 20detik]


(hri/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed