detikNews
Rabu 27 Februari 2019, 11:08 WIB

Guiding Block untuk Tunanetra di Cilegon Banyak 'Nabrak' Tiang

Muhammad Iqbal - detikNews
Guiding Block untuk Tunanetra di Cilegon Banyak Nabrak Tiang Guiding block yang tidak layak di trotoar Kota Cilegon (Muhammad Iqbal/detikcom)
Cilegon - Blok pemandu atau guiding block yang berfungsi untuk membantu kaum tunanetra yang dipasang di trotoar banyak yang 'menabrak' tiang listrik atau lampu. Trotoar seperti itu pun belum ramah bagi penyandang disabilitas.

Trotoar seperti itu tampak di sejumlah jalan di Kota Cilegon. Trotoar tersebut memang baru diperlebar sekitar setahun lalu demi kenyamanan pejalan kaki, tetapi lebarnya trotoar malah terganggu oleh adanya parkir liar hingga pemasangan guiding block yang tidak sesuai.


Guiding Block untuk Tunanetra di Cilegon Banyak 'Nabrak' TiangGuiding block yang tidak layak di trotoar Kota Cilegon (Foto: Muhammad Iqbal/detikcom)

Pada sejumlah titik trotoar di Kota Cilegon, terlihat pemasangan guiding block berwarna kuning itu terhalang tiang hingga tempat sampah. Salah satu titik pemasangan guiding block yang 'menabrak' itu tampak di depan kantor Wali Kota Cilegon.

"Kita sudah coba komunikasi ke Dinas PU, kan memang ada undang-undangnya PU soal blind block," kata Ketua Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) Kota Cilegon, Adik Rifai, saat dimintai konfirmasi mengenai hal tersebut, Rabu (27/2/2019).

Adik menyebut sejumlah titik guiding block yang tidak sesuai seperti di Pondok Cilegon Indah (PCI), Taman Anak, dan Alun-alun. Dia bahkan menyebut trotoar di Cilegon belum layak bagi penyandang disabilitas, bukan hanya tunanetra.


Guiding Block untuk Tunanetra di Cilegon Banyak 'Nabrak' TiangGuiding block yang tidak layak di trotoar Kota Cilegon. (Muhammad Iqbal/detikcom)

"Kita sedang menuju ke sana (ramah disabilitas), mudah-mudahan tahun ini. Karena kan trotoar itu dari Dinas PU diberikan ke konsultan, nah konsultannya ini mungkin nggak tahu, main pasang aja, padahal ada peraturannya," ujar Adik.

"Ya, memang cukup banyak yang belum paham, ada yang dipakai buat pedagang, parkir motor. Harusnya Satpol PP juga bergerak menertibkan. Itu kan (guiding block) buat jalan kita," imbuhnya.
(dhn/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed