detikNews
Selasa 26 Februari 2019, 18:16 WIB

Jorok! Anak Sungai Musi Penuh Sampah dan Bau Tak Sedap

Raja Adil Siregar - detikNews
Jorok! Anak Sungai Musi Penuh Sampah dan Bau Tak Sedap Foto: Sampah di Anak Sungai Musi (Raja-detikcom)
Palembang - Pemandangan tidak sedap dan bau menyengat aliran Sungai Tawar, anak Sungai Musi sepertinya sudah jadi hal biasa bagi warga Palembang. Sebab sungai tersebut kini dipenuhi sampah dan telah lama tidak dibersihkan.

Dari pantauan detikcom di lokasi, Selasa (26/2/2019) aliran Sungai Tawar terlihat tersendat akibat dari tumpukan sampah. Padahal di sepanjang sungai merupakan kawasan padat penduduk.

Sampah didominasi oleh limbah rumah tangga, seperti plastik, popok, sisa-sisa bekas makanan, karung bahkan bekas peralatan rumah tangga yang tidak lagi dipakai.



Warga di Jalan Sungai Tawar, Kelurahan 29 Ilir, Kota Palembang mengaku sudah biasa. Bahkan tak jarang warga pun ikut membuang sampah di sepanjang aliran sungai.

"Ini sudah lama tidak ada yang bersihkan. Nanti kalau dibersihkan pasti akan balik lagi pas sungai Musi naik. Warga di sini juga kadang buangnya di Sungai Tawar," ujar Icek, warga yang ditemui detikcom di lokasi.

Akibat lamanya sungai tak dibersihkan dan sampah menumpuk, aliran sungai pun kini berubah menjadi hitam. Hal ini berbanding terbalik jika melihat Sungai Musi yang berwarna cokelat keruh.

Jorok! Anak Sungai Musi Penuh Sampah dan Bau Tak SedapFoto: Sampah di Anak Sungai Musi (Raja-detikcom)


"Iya memang hitam, mungkin karena ini nggak pernah dibersihkan kali ya. Kami juga sudah tiap hari mencium bau yang seperti ini," kata Icek menyebut air yang bau busuk dan berwarna hitam.

"Kan bisa dilihat perbandingannya sama Sungai Musi. Airnya seperti nggak nyatu gitu, yang hitam itu aliran Sungai Tawar dan yang cokelat dari sungai Musi," kata pria berbadan kurus tersebut.

Warga pun berharap aliran Sungai Tawar dapat bersih layaknya di Sungai Sekanak yang kini telah dinormalisasi. Meskipun sukit, warga berharap tidak ada sampah yang menumpuk di anak sungai.

"Maunya ya seperti Sekanak. Tapi tidak usah sampai seperti itu lah, bersih saja warga sudah senang," katanya berharap Pemkot turun tangan.

Jorok! Anak Sungai Musi Penuh Sampah dan Bau Tak SedapFoto: Sampah di Anak Sungai Musi (Raja-detikcom)


Secara terpisah, Humas Pemerintah Kota Palembang Amirudin Sandi mengatakan bahwa daerah tersebut sudah sering kali dibersihkan. Hanya saja karena kawasan padat penduduk warga tetap membuang sampah di sungai.

"Sungai Tawar sudah sering dibersihkan. Tapi karena itu kawasan padat penduduk ya kadang warga tetap buang sampah di sungai," kata Amir.

Meskipun begitu, Amir menyebut bahwa Pemkot segera mengecek kondisi terkini untuk segera dibersihkan. Namun dirinya menghimbau warga untuk sama-sama menjaga kebersihan dan aliran sungai.

"Kami sudah sering imbau supaya tidak buang sampah di sungai, tapi tetap ada yang buang. Ya secepatnya sungai akan kita bersihkan," katanya.
(ras/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed