BMKG Imbau Warga Waspadai Hujan Lebat 3 Hari ke Depan

Jabbar Ramdhani - detikNews
Selasa, 26 Feb 2019 16:26 WIB
Ilustrasi hujan (thinkstock)
Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat mewaspadai potensi hujan lebat disertai angin kencang. Diperkirakan hujan lebat akan turun tiga hari ke depan.

"Hasil analisis BMKG memperlihatkan bahwa terdapat konvergensi di perairan barat Bengkulu, Sulawesi Selatan, dan Papua. Belokan angin terdapat di Maluku dan Papua," demikian keterangan dari BMKG, Selasa (26/2/2019).

Hujan lebat diperkirakan terjadi dari hari ini hingga Kamis (28/2) nanti. Pada hari ini, hujan lebat terpantau berpotensi terjadi di Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Papua.

"Untuk keesokan harinya, wilayah yang berpotensi di antaranya adalah Riau, Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Jawa Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Papua. Potensi ini masih berlangsung hingga Kamis (28/2) yang berpeluang terjadi di Riau, Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Tengah, Yogyakarta, Bali, Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, dan Papua," jelas BMKG.


BMKG juga mengimbau masyarakat di beberapa daerah mewaspadai potensi hujan lebat disertai angin kencang dan petir. Pada hari ini, daerah yang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang terjadi di Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Maluku, dan Papua Barat.

Sementara itu, pada Rabu (27/2) besok, hujan lebat disertai angin kencang berpotensi terjadi di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Maluku, dan Papua Barat.

Sedangkan pada Kamis (28/2), hujan lebat disertai angin kencang berpotensi terjadi di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Maluku, dan Papua Barat.

"BMKG mengimbau kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di luar ruang pada wilayah tersebut agar selalu waspada dan membawa peralatan antisipasi hujan," kata BMKG. (jbr/gbr)