detikNews
Selasa 26 Februari 2019, 15:16 WIB

Koster Tolak Ide Wisata Halal ala Sandi, Fadli: Jangan Egois!

Rolan - detikNews
Koster Tolak Ide Wisata Halal ala Sandi, Fadli: Jangan Egois! Foto: Dok. Twitter Fadli Zon
Jakarta - Gubernur Bali I Wayan Koster menolak gagasan wisata halal yang diusulkan Sandiaga Uno. Waketum Gerindra Fadli Zon heran atas penolakan Koster itu.

"Kalau kita yakin dengan ke-Bhinneka Tunggal Ika-an dengan pluralisme, harusnya tidak begitu dong. Kalau ada aspirasi wisata halal harusnya diterima, kalau kita memang mengakui Bhinneka Tunggal Ika, jangan egois," ujar Fadli di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (26/2/2019).


Anggota Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno itu menilai gagasan Sandiaga menjadikan Bali kawasan wisata halal sebagai hal yang baik. Mengingat, banyak umat Islam yang tinggal di Bali.

"Ya kalau misalkan wisata halal kan juga banyak muslim di Bali ya. Menurut saya, wajar-wajar saja kalau ada yang punya gagasan seperti itu," katanya.

Menurut Fadli, biarkan masyarakat di Bali yang menilai gagasan wisata halal itu.

"Ya nanti tanyakan saja pada masyarakatnya, kita ini kan masyarakatnya masyarakat plural," ujar Fadli.


Usul mengembangkan wisata halal itu disampaikan Sandiaga saat berkampanye di Bali. Cawapres nomor urut 02 itu menuturkan ceruk pasar wisata halal sangat menggiurkan.

Usul tersebut kemudian mendapat penolakan dari para pengusaha di Bali hingga Gubernur Bali I Wayan Koster. Koster menegaskan tidak berminat mengganti branding Bali sebagai pariwisata budaya.

"Saya kira untuk Bali sudah ada branding-nya sesuai kearifan lokal Bali. Karakter Bali yaitu pariwisata berbasis budaya. Saya kira nggak perlu lagi kita mengembangkan branding yang lain, justru itu akan mempersempit dan mengecilkan branding sejenis yang sudah ada di Bali, wisata budaya," ujar Koster di Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Bali, Jl Tjok Agung Tresna, Denpasar, Bali, Selasa (26/2).
(mae/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com