detikNews
Jumat 22 Februari 2019, 15:48 WIB

2 Tersangka Ledakan Gas di Mal Taman Anggrek Dijerat Pasal Kelalaian

Adhi Indra P - detikNews
2 Tersangka Ledakan Gas di Mal Taman Anggrek Dijerat Pasal Kelalaian Polres Jakarta Barat rilis kasus ledakan di Mal Taman Anggrek. (Adhi Indra/detikcom)
Jakarta - K dan F, dua tersangka kasus ledakan gas di Mal Taman Anggrek, Tanjung Duren, Jakarta Barat, dijerat pasal kelalaian. Petugas maintenance mal itu diduga tidak mengikuti prosedur saat melepas perangkat gas meter.

"Berdasarkan fakta hukum dan alat bukti yang ada, kita menetapkan 2 orang tersangka, yaitu atas nama K dan F. Kami menetapkan dua pasal, yakni Pasal 360 KUHP dan (pasal) 188 KUHP, ancaman hukuman pidana 5 tahun penjara," ujar Kapolres Jakbar Kombes Hengki Haryadi dalam jumpa pers di Mapolres Jakbar, Slipi, Jumat (22/2/2019).

F dan K, pegawai PT Mulia Intipelangi--perusahaan pengelola Mal Taman Anggrek--sedang bertugas memindahkan gas meter terkait relokasi food court dari lantai 4 ke lantai 2.





"Dalam proses pelepasan atau pencopotan meteran gas ini, ada SOP yang tidak dilaksanakan, yaitu yang bersangkutan atas dasar perintah chief engineering, (diminta) untuk melaksanakan pencopotan meteran (gas) ke lantai dua," sambung Hengki.

Sesuai dengan prosedur, pencopotan meteran gas, menurut Hengki, harus memastikan prosedur penutupan tuas untuk menutup aliran gas menggunakan flange DOP/flange blind atau alat bantu menutup pipa di sambungan terakhir.

"Namun pada pelaksanaannya, petugas ini melihat ada tiga tenant yang (meteran gas) siap dicopot, namun DOP-nya hanya tersedia dua," kata Hengki.

Di sela pengerjaan copot-pasang perangkat gas meter, ternyata ada pegawai Depot Betawi yang datang ke lantai 4.






"Datang ke lokasi yang sudah dicopot meterannya ini dan hanya ada pengamanan satu tuas saja yang tidak ditutup. (Pegawai itu) mencoba menghidupkan kompor, ternyata tidak hidup, lalu tuasnya dibuka, akibatnya gas keluar dengan deras. Tidak lama kemudian, terjadi ledakan," papar Hengki.

Terkait kasus ledakan pipa gas di Mal Taman Anggrek, polisi memeriksa 16 saksi, termasuk 3 ahli. Dari gelar perkara, polisi menetapkan K dan F sebagai tersangka.


Saksikan juga video 'Terkait Ledakan, Polisi Periksa Pengelola Mal Taman Anggrek':

[Gambas:Video 20detik]


(fdn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed