DetikNews
Kamis 21 Februari 2019, 15:46 WIB

Perusahaan Prabowo di Aceh Bantah Pakai TKA: Kalau Pembeli Bisa Saja

Agus Setyadi - detikNews
Perusahaan Prabowo di Aceh Bantah Pakai TKA: Kalau Pembeli Bisa Saja Lahan milik Prabowo di Aceh (Foto: dok. Istimewa)
Banda Aceh - Eks Panglima Gerakan Aceh Merdeka (GAM) Wilayah Linge Fauzan Azima menyebut PT Tusam Hutani Lestari (THL) milik Prabowo Subianto mempekerjakan tenaga kerja asing (TKA). Pihak perusahaan membantah dan menyebut hanya mempekerjakan penderes dari Indonesia.

"Kalau tenaga kerjanya nggak ada, tapi kalau pembeli getahnya bisa jadi ada. Karena kita jual ke Medan (Sumatera Utara). Kalau tenaga di lapangannya yang dimaksud pekerja kan penderesnya, kalau penderes nggak ada," kata Staf Bagian Perencanaan dan Administrasi Umum PT THL Husein Canto saat dimintai konfirmasi detikcom, Kamis (21/2/2019).

Jumlah penderes getah di seluruh area PT THL saat ini berjumlah sekitar 600 orang. Mereka mayoritas warga Aceh dan sebagian dari luar Tanah Rencong.


Menurutnya, untuk seluruh lokasi PT THL tidak pernah mempekerjakan TKA. Di wilayah tersebut memang banyak lahan pinus dan para penderes tidak semuanya bekerja di lahan PT THL.

"Tapi kalau di luar kita (PT THL) nggak tahu juga. Karena penderes itu nggak semua di THL. (Perusahaan kita) ada batasnya, kita punya peta. Tapi kalau di luar itu nggak tahu juga kita, karena bukan urusan kita," jelas Husein.


Aktivitas di lahan milik capres nomor urut 02 saat ini hanya di getah pinus. Para pekerja setiap hari menderes getah untuk dijual ke penampung.

"Kalau kegiatan perusahaan sekarang hanya menderes getah pinus. Itu saja. Rata-rata getah pinus yang kita hasilkan sekitar 300 ton per bulan. Itu kita jual ke penampung," bebernya.


Simak Juga 'Ribut-ribut Soal Lahan Prabowo di Luar Arena Debat':

[Gambas:Video 20detik]



(agse/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed