DetikNews
Kamis 21 Februari 2019, 11:38 WIB

Gubernur Iri Gaji Anggota DPRD, JK: Gaji Wapres Setengah Gaji DPRD

Jeka Kampai - detikNews
Gubernur Iri Gaji Anggota DPRD, JK: Gaji Wapres Setengah Gaji DPRD Wapres JK di Rakernas APPSI (Jeka/detikcom)
Padang - Wakil Presiden Jusuf Kalla langsung merespons permintaan naik gaji gubernur se-Indonesia yang disampaikan Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) Longki Djanggola. Menurut JK, walau bergaji kecil, semua orang berebut menjadi gubernur.

Bukan hanya gubernur, ia melanjutkan, presiden dan wakil presiden juga bergaji kecil. Bahkan gaji wapres hanya setengah dari gaji anggota DPRD di daerah.

"Gaji wapres (juga) hanya hampir setengah saja dari gaji DPRD di daerah," kata JK dalam Rakernas APPSI di Padang, Sumatera Barat, Kamis (21/2/2019).

"Walau gaji kecil, kita semua berjuang untuk jadi pejabat," tambah JK.



Ia mengatakan gubernur bukan hanya soal gaji, tapi juga soal pengabdian dan penghormatan. "Tidak semuanya juga yang kecil, karena ada juga daerah yang take home pay-nya besar," tuturnya.

Sebelumnya, Ketua Umum APPSI Longki Djanggola dalam pengantar rakernas menyampaikan aspirasi untuk naik gaji. Ia curhat soal gaji yang kalah jauh dibanding anggota DPRD.



"Salah satu materi bahasan kami di APPSI adalah perlunya kenaikan gaji untuk gubernur. Saya dan provinsi dengan APBD yang tidak terlalu besar, gaji anggota DPRD-nya bisa mencapai Rp 70 juta. Itu masih ditambah dengan berbagai tunjangan," kata Gubernur Sulteng ini.

Longki lalu berkhayal kapan gubernur se-Indonesia bisa mendapatkan gaji seperti itu. "Sebagai gubernur, kapan saya akan mendapatkan hal seperti itu?" curhat Longki.


Simak Juga "Gaji Perangkat Desa Setara PNS Batal, PAN: Jokowi Tukang Janji"

[Gambas:Video 20detik]


(rvk/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed