DetikNews
Kamis 21 Februari 2019, 10:30 WIB

Dilaporkan karena Disebut Kampanye di Acara Polda, Koster Tak Masalah

Aditya Mardiastuti - detikNews
Dilaporkan karena Disebut Kampanye di Acara Polda, Koster Tak Masalah Gubernur Bali Wayan Koster (Dita/detikcom)
Jakarta - Gubernur Bali I Wayan Koster diadukan ke Bawaslu terkait ajakan kepada milenial untuk kembali memilih capres petahana Joko Widodo (Jokowi) di acara Polri. Koster mengaku tak ambil pusing atas pelaporan tersebut.

"Ya nggak apa-apa dilaporin, nanti biar Bawaslu yang proses. Nanti kita akan ikuti prosesnya apa yang akan dilakukan Bawaslu," kata Koster di Lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar, Bali, Kamis (21/2/2019).

Koster menambahkan dirinya tak merasa melakukan pelanggaran karena itu dilakukan ketika hari libur. Dia juga menyebut tak menggunakan fasilitas negara dan melakukan ajakan itu secara spontan.



"Itu hari libur, karena itu tidak perlu cuti. Kemudian saya juga tidak menggunakan fasilitas negara waktu itu dan itu tidak didesain secara khusus, tetapi spontanitas," jelasnya.

Dia pun mempersilakan timses capres-cawapres Prabowo-Sandiaga juga melakukan kampanye. Koster menyebut, selama musim politik, wajar jika dalam setiap kesempatan dilakukan sosialisasi capres-cawapres yang diusung.



"Kalau nomor 2 bikin acara yang sama kan boleh juga, kita nggak ributin. Namanya juga tahun politik, kan mesti aktif begitu," terangnya.

Hingga saat ini Koster mengaku belum mendapat panggilan Bawaslu. Dia pun berjanji untuk kooperatif.

"Belum ada panggilan dari Bawaslu. Iya dong, kalau diproses," jawabnya.

Sebelumnya, ajakan Koster untuk memilih Jokowi di acara Millennial Road Safety Festival, yang digelar Polri, disoal Badan Pemenangan Daerah (BPD) Prabowo-Sandi Provinsi Bali. BPD Prabowo-Sandi lalu melaporkan dugaan kampanye tersebut ke Bawaslu.

"Laporan resmi dari Bappilu, tim advokasi kita terkait acara kemarin bahwa tidak ada keselarasan acara, safety riding tapi ada kalimat kampanye. Ini sudah tidak nyambung, pasti ada pelanggaran. Kami mohon Bawaslu menindaklanjuti," kata Ketua Juru Bicara BPD Prabowo-Sandi Bali, I Made Gede Ray Misno, saat jumpa pers di Posko Pemenangan Prabowo-Sandi, Jl Kapten Tantular, Denpasar, Bali, Senin (18/2).
(asp/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed