DetikNews
Kamis 21 Februari 2019, 09:32 WIB

Fahri Curiga Ada yang Bakar Lahan Pascadebat, TKN: Ngomporin!

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Fahri Curiga Ada yang Bakar Lahan Pascadebat, TKN: Ngomporin! Inas Nasrullah
Jakarta - Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin meminta Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah tidak membuat isu yang menyesatkan. TKN mengingatkan Fahri tidak menyebar rumor yang tidak benar terkait kebakaran lahan.

"Jangan-jangan Fahri lagi pengin ngomporin sesuatu, deh, asalkan jangan sampai kompornya meleduk di tangan sendiri. Nanti malah dirinya yang terbakar isu," kata anggota TKN Inas Nasrullah Zubir saat dimintai konfirmasi detikcom, Rabu (20/2/2019) malam.



Sementara itu, juru bicara TKN Jokowi-Ma'ruf, Ace Hasan Syadzily, tak menampik masih adanya kebakaran seperti yang dilansir BNPB. Namun, yang paling penting adalah bagaimana upaya pemerintah dalam menangani kebakaran.

"Soal masih adanya kebakaran seperti data yang disampaikan BNPB, tentu kita harus akui karena itu faktanya. Di negara-negara maju sekalipun, kebakaran hutan seperti itu kerap kali terjadi. Namun yang paling penting sebetulnya adalah ada upaya pemerintah," jelasnya.

Ace mengatakan Jokowi telah bertindak tegas terhadap pelaku pembakaran lahan. Tindakan tegas tidak hanya dilakukan kepada perorangan, tapi juga pihak korporasi.

"Pemerintahan Jokowi bersikap tegas kepada siapa pun pihak, baik perorangan maupun korporasi, yang melakukan pembakaran hutan untuk membuka lahan," tuturnya.




Sebelumnya, Fahri Hamzah ikut angkat bicara soal kebakaran lahan di Riau yang semakin luas. Dia menduga ada pihak yang sengaja membakar lahan tersebut.

Komentar Fahri itu disampaikan melalui akun Twitter-nya pada Rabu (20/2). Fahri mengomentari salah satu berita yang menuliskan soal kebakaran lahan di Riau yang semakin luas.

"Sehari setelah debat...Kebakaran lahan meluas...Jangan2 ada yg bakar malamnya..😃😃 #CekFaktaJokowi," tulis Fahri.


(fdu/mae)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed