DetikNews
Rabu 20 Februari 2019, 22:11 WIB

Serahkan Pertanyaan Debat Kedua ke Timses, KPU: Semoga Jadi Referensi

Yulida Medistiara - detikNews
Serahkan Pertanyaan Debat Kedua ke Timses, KPU: Semoga Jadi Referensi Ketua KPU Arief Budiman (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - KPU menyerahkan daftar pertanyaan debat kedua ke timses Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga. Daftar pertanyaan yang diserahkan itu tak sempat dibahas dalam debat kedua yang digelar akhir pekan lalu.

"Para panelis sudah merumuskan isu-isu strategis terkait tema yang dibuat. Nah, beberapa isu strategis itu belum sempat dibahas dalam debat. Artinya, tidak sempat menjadi pertanyaan yang diperdebatkan oleh para kandidat," kata Ketua KPU Arief Budiman di kantornya, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu (20/2/2019).

Arief berharap pertanyaan yang tidak dibahas itu bisa menjadi referensi bagi capres-cawapres, khususnya bagi pemenang Pilpres 2019 nanti.

"Maka isu strategis itu akan diserahkan kepada TKN 01 dan BPN 02 untuk disampaikan kepada paslon masing-masing untuk menjadi referensi pembuatan kebijakan mereka ke depan," ujar Arief.


Sekretaris panelis debat kedua yang juga Direktur Eksekutif Walhi, Nur Hidayati, menilai pertanyaan yang tak dibahas penting untuk para capres-cawapres. Nur Hidayat berharap pertanyaan itu bisa menjadi masukan.

"Jadi kan panelis membuat banyak sekali pertanyaan, kemarin kan dari lima tema masing-masing bikin beberapa. Kan yang bisa ditanyakan satu-satu kan dari tiap tema. Menurut panelis, sudah pikirkan banget dan kita merasa ada isu-isu yang penting untuk kita serahkan ke capres supaya jadi masukan," ungkap Nur.

Nur menjelaskan beberapa pertanyaan yang tak dibahas dalam debat. Ada pertanyaan soal impor pangan, Freeport, dan mengenai tata ruang.


"Soal impor pangan itu yang nggak muncul, nggak sempat dimunculkan. Terus kita juga menanyakan soal Freeport. Setelah Freeport ini seperti apa penyelesaiannya. Karena kan masih banyak masalah ya, masalah buruh, lingkungan hidup, masalah sosial dengan lingkungan adat. Itu yang kita tanyakan juga," paparnya.

Di lain pihak, Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memastikan akan membahas pertanyaan-pertanyaan tersebut di lingkup internalnya.

"Besok akan kami bahas secara detail," ujar Wakil Ketua BPN Prabowo-Sandiaga, Priyo.
(yld/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed