DetikNews
Rabu 20 Februari 2019, 18:42 WIB

Cerita Komisioner KPU Sempat Lerai BPN Prabowo-Luhut Pandjaitan Saat Protes

Yulida Medistiara - detikNews
Cerita Komisioner KPU Sempat Lerai BPN Prabowo-Luhut Pandjaitan Saat Protes Komisioner KPU Wahyu Setiawan (Dwi/detikcom)
Jakarta - Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan ikut 'turun' di tengah momen tegang antara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno dan KPU saat debat. Komisioner KPU Wahyu Setiawan mengaku sempat melerai momen itu.

"Kalau menurut saya, yang dimaksud terlibat kan bersorak sorai. Ya mungkin beliau tergerak hatinya. Itulah kenapa saya mencoba mendekati, melerai adu mulut, kemudian memastikan debat harus dilanjutkan karena ini untuk kepentingan rakyat," kata Wahyu di KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu (20/2/2019).


Ia mengatakan, alasannya melerai adalah agar debat capres terus berjalan karena debat tersebut untuk kepentingan masyarakat luas.

"Kan debat ini tak hanya untuk elit capres-cawapres. Tak hanya untuk TKN-BPN, tak hanya untuk undangan KPU yang 600 itu total. Tapi debat ini untuk rakyat Indonesia, khususnya para pemilih," ujar Wahyu.

Diketahui, momen panas saat di dalam ruang debat itu sebelumnya diabadikan dalam sebuah video oleh tim BPN yang kemudian diunggah Wasekjen Partai Demokrat (PD) Andi Arief. Dalam video berdurasi 45 detik itu, terlihat sejumlah anggota BPN Prabowo-Sandiaga menghampiri deretan kursi komisioner KPU dan Bawaslu di ruangan debat di The Sultan Hotel, Jakarta.

Di antaranya Priyo Budi Santoso, Maher Algadri, Putra Jaya Husin, dan Jansen Sitindaon. Momen panas itu bahkan memantik Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan hingga ikut maju.


Sebelumnya, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan alasan ia ikut maju saat Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi mengajukan protes ke KPU saat debat kedua Pilpres 2019. Luhut mengatakan saat itu ia hanya ikut melerai.

"Ya, karena di depan kami sudah banyak, ya saya kan boleh, bilang jangan ribut-ribut. Masak, nggak boleh?" kata Luhut di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (20/2).

Momen itu terjadi setelah Jokowi mengungkap kepemilikan lahan Prabowo dalam debat. BPN Prabowo-Sandi memprotes KPU karena menganggap pertanyaan itu menyerang personal.
(yld/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed