DetikNews
Selasa 19 Februari 2019, 17:03 WIB

Polisi Deteksi Ada 25 Geng Motor di Jakbar, Personel Rata-rata ABG

Adhi Indra Prasetya - detikNews
Polisi Deteksi Ada 25 Geng Motor di Jakbar, Personel Rata-rata ABG Foto: Adhi Indra Prasetya
Jakarta - Aksi geng motor yang meresahkan warga menjadi salah satu fenomena yang muncul di jalanan Ibu Kota terutama di malam hari. Polres Jakarta Barat mendeteksi ada 25 kelompok geng motor yang meresahkan warga.

"Dari 25 geng motor yang kami deteksi ada di Jakbar, kami sudah tangkap 8 di antaranya," kata Kapolres Jakarta Barat Kombes Hengki Haryadi kepada wartawan di Mapolres Jakbar, Slipi, Jakarta Barat, Selasa (19/2/2019).

Total ada 61 orang tersangka yang ditangkap terkait aksi geng motor yang melakukan kejahatan jalanan. 8 Kelompok geng motor ini ditangkap atas peristiwa kejahatan yang terjadi di dua lokasi berbeda selama kurun waktu 2 bulan.

"Pertama kejadian di Tambora pada 20 Januari lalu yang mengakibatkan 1 orang meninggal dunia. Kemudian di Tanjung Duren, tanggal 5 Februari juga mengakibatkan meninggal dunia," imbuhnya.



Hengki mengatakan, aktivitas geng motor ini lebih banyak yang bernuansa negatif hingga kriminal. Selain tawuran, kelompok geng motor ini melakukan kejahatan seperti begal, penjambretan dan berbuat keonaran lainnya.

"Kalau tidak tawuran, mereka nemu orang di jalan asal sikat saja. Kalau tidak merampas ponsel, intinya berbuat onar," katanya.

Polres Jakarta Barat telah memetakan sejumlah lokasi rawan geng motor. Polisi juga terus melakukan patroli pada malam hari untuk mencegah adanya geng motor dan aksi tawuran.

"Kami akan lakukan tindakan tegas terhadap geng motor ini, karena mereka sudah sangat meresahkan warga. Mirisnya, mereka ini rata-rata anak di bawah umur yang sekolah SMP, SMA dan ada alumni SMA," jelas Hengki.

Dalam kasus ini, polisi menyita sejumlah barang bukti seperti celurit, kelewang, sepeda motor dan sejumlah obat-obatan terlarang daftar Golongan G.


(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed