detikNews
Selasa 19 Februari 2019, 15:28 WIB

Barongsai hingga Reog Ponorogo Meriahkan Cap Go Meh di Bekasi

Isal Mawardi - detikNews
Barongsai hingga Reog Ponorogo Meriahkan Cap Go Meh di Bekasi Foto: Isal Mawardi-detikcom
Bekasi - Perayaan cap go meh di Kota Bekasi berlangsung meriah. Ribuan orang tumpah ruah di jalanan untuk memeriahkan perayaan hari terakhir di Tahun Baru Imlek.

Pantauan detikcom, peserta pawai berangkat dari Kelenteng Hok Lay Kiong di Jl Kenari I, Margahayu, Bekasi Timur sejak pukul 13.00 WIB, Selasa (19/2/2019). Orang dewasa, remaja, hingga anak-anak turut memeriahkan Pawai Cap Gomeh.

Berbagai macam jenis barongsai terlihat dalam rombongan pawai. Mulai dari ukuran jumbo hingga ukuran mini dengan berbagai pernak-pernik.

Sejumlah warga yang menonton di tepi jalan tampak memberikan angpao untuk para barongsai. Angpao warga diterima pemain barongsai melalui 'mulut' barongsai.

Warga memadati di sepanjang rute pawai.Warga memadati di sepanjang rute pawai. Foto: Isal Mawardi-detikcom


Tidak hanya itu, sejumlah orang tampak menggotong joly atau tandu berwarna merah. Setiap beberapa meter, joly digoyangkan ke kanan dan ke kiri.

Lantunan musik dari gendang dan simbal terdengar jelas di sekitar rombongan pawai. Gendang, simbal, dan alat musik lainnya di gotong menggunakan gerobak.

Tampak sejumlah peserta pawai berdandan ala suku Dayak. Selain itu, cosplay karakter dalam serial 'Kera Sakti' dan Reog Ponorogo juga hadir dalam pawai tersebut.

Terlihat sejumlah remaja mengikuti pawai menggunakan eggrang. Pemuda lainnya yang tampak mengenakan pakaian layaknya tentara terampil memainkan mini barongsai. Mereka tampak luwes menggerakan barongsai tersebut.

Panjang Pawai Cap Go Meh sekitar 500 meter. Beberapa petugas kepolisian dan Dishub Kota Bekasi tampak mengamankan lokasi pawai.


Warga memberikan angpao ke mulut barongsai.Warga memberikan angpao ke mulut barongsai. Foto: Isal Mawardi-detikcom




Arus lalu lintas sempat diberhentikan polisi saat Pawai Cap Go Meh melintas. Kasubag Humas Polres Metro Bekasi, Kompol Erna Ruswing mengatakan 200 personil diturunkan untuk mengamankan Pawai Cap Go Meh di Bekasi.

"200 personil diturunkan. Titik rawan kemacetan di Bulan-Bulan (Stasiun Bekasi)," ujar Erna ketika dihubungi.

Pawai Cap Gomeh berlangsung dari pukul 13.00 WIB hingga 16.00 WIB. Rute Pawai Cap Gomeh meliputi Klenteng Hok Lay Kiong - Jalan Kartini - Jalan Ir H Juanda - Jalan KH Agus Salim - Jalan Teluk Buyung - Jalan Perjuangan - Jalan Ir H Juanda - Jalan Mayor Oking.

"Cap Go Meh kan bisa juga yang agama lain. Ini kan bukan perayaan agama. Ya (Cap Go Meh) ada budaya Jawa ada budaya Bekasi campur-campur," ujar Ketua Yayasan Pancaran Tridharma Hok Lay Kiong, Ronny Hermawan, di Jalan Ir H Juanda, Kota Bekasi, Selasa (19/2/2019).

Ronny mengatakan ribuan warga turut memeriahkan Pawai Cap Go Meh di Bekasi. "Ribuan orang ini datang dari Bekasi dan sekitarnya," ujar Ronny.

"Harapannya kita semua lancar baik menjalani tahun ini dan menjelang Pemilu kita minta masyarakat rukun semuanya berbeda piliham itu wajar tetapi kita jangan sampai merusak persaudaraan. Kita jaga persaudaraan kita jaga keutuhan kesatuan bangsa kita," ujar Ronny.

Naga meliuk-liuk.Naga meliuk-liuk. Foto: Isal Mawardi-detikcom



(mea/mea)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com