DetikNews
Selasa 19 Februari 2019, 11:58 WIB

Eks GAM: Tunjukkan Kombatan yang Garap Lahan Prabowo

Agus Setyadi - detikNews
Eks GAM: Tunjukkan Kombatan yang Garap Lahan Prabowo Prabowo Subianto (Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Banda Aceh - Mantan kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) Joni Suryawan membantah adanya eks GAM yang memakai lahan milik capres Prabowo Subianto. Mantan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Bener Meriah ini meminta ditunjukkan data mantan kombatan yang memakai lahan tersebut.

"Kaget juga mendengarnya tiba-tiba seperti itu. Orang kita tidak pernah terima lahannya itu. Jadi sekarang kita ingin menanyakan kalau memang ada diberikan ke eks kombatan GAM, maka GAM yang mana dan lokasinya di mana?" kata Joni saat dimintai konfirmasi, Selasa (19/2/2019).

Joni mengaku baru mengetahui adanya lahan milik Prabowo di Aceh. Lahan itu sebelumnya sempat ditelantarkan. Hutan pinus di sana disebutnya sudah habis ditebang.



"Sekarang sudah habis ditebang sudah gundul ada sebagian dikuasai masyarakat ditanami serai. Jadi yang mana punga kombatan," ungkapnya.

"Kita mau tau suratnya mana, tolong tunjukkan kapan dan di mana. Justru kita resah dengan isu ini karena sudah membawa nama-nama GAM di dalamnya," jelas Joni.

Menurut Joni, pernyataan kubu Prabowo itu memberi efek negatif terhadap mantan kombatan GAM. Soalnya, masyarakat di sana juga belum banyak punya lahan.

"Sudah bawa-bawa nama kombatan GAM dengan kondisi masyarakat kita yang banyak belum memiliki lahan jadi responsnya gimana masyarakat ke kita tidak enak seperti ini," bebernya.

Sementara itu, mantan Panglima GAM wilayah Linge, Fauzan Azima, membantah tudingan lahan milik capres Prabowo di Aceh Tengah digarap mantan kombatan GAM. "Bohong mereka," kata Fauzan saat dimintai konfirmasi detikcom, Selasa (19/2/2019).



Menurut Fauzan, nama mantan kombatan GAM di wilayah Linge, yang meliputi wilayah Aceh Tengah dan Bener Meriah, merasa dicatut. Kedua daerah tersebut merupakan lokasi lahan Prabowo yang berupa hutan tanaman industri (HTI).

"Mereka bereaksi (saat mendengar pernyataan itu), merasa nama mereka dicatut untuk kepentingan sesaat. Mereka tidak ada urusan soal siapapun Presiden ke depan, tetapi janganlah mengambinghitamkan eks kombatan," jelas Fauzan.

"Kami bersama 102 eks pasukan GAM wilayah Linge sama sekali tidak ada niat, apalagi ingin menguasai lahan milik Prabowo. Kami tahu benar siapa saja yang pernah menjadi pasukan, bukan saja dirinya, tetapi sampai keluarga mereka kami tahu persis dan tidak ada satu pun dari mereka yang menduduki tanah milik Prabowo."

Fauzan menambahkan PT Tusam Hutani Lestari sekarang sudah kembali beroperasi setelah sempat tidak produktif. Perusahaan itu mengambil getah pinus.

"Perusahaan beroperasi, sejak ada permintaan getah pinus, sebelumnya tidak aktif, tidak ada penanaman kembali. Pinus yang tumbuh sekarang pinus yang tumbuh alami, bukan penanaman kembali," ujarnya.


Simak Juga 'Prabowo Jelaskan Kepemilikan Tanahnya di Kalimantan dan Aceh':

[Gambas:Video 20detik]



(agse/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed