DetikNews
Senin 18 Februari 2019, 22:26 WIB

Usai Debat Kedua, Para Syndicate Nilai Swing Voters Cenderung ke Jokowi

Matius Alfons - detikNews
Usai Debat Kedua, Para Syndicate Nilai Swing Voters Cenderung ke Jokowi Foto: Matius Alfons/detikcom
Jakarta - Hasil debat kedua capres dinilai memberi pengaruh memilih terhadap swing voters dan undecided voters. Direktur Eksekutif Para Syndicate Ari Nurcahyo yakin para pemilih yang masih ragu akan mengarah ke capres petahana Joko Widodo (Jokowi).

"Jadi ada tiga kategori membacanya. Kalau untuk pemilih loyal, itu tidak akan berubah. Yang kita baca sebenarnya pemilih yang di tengah, baik undecided voters maupun swing voters. Kalau kemarin saya memposisikan sebagai undecided voters atau swing voters, atau saya masih bimbang, mereka akan lebih cenderung punya tren preferensi ke 01 (Jokowi)," kata Ari kepada wartawan di kantornya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (18/2/2019).



Ari menjelaskan, hal ini karena saat, debat kedua capres, Jokowi lebih baik dalam memaparkan capaian, program, dan rencana selanjutnya. Sementara Prabowo tidak menjelaskan secara konkret.

"Itu jelas kemarin bicara menggunakan data dan memang program solusinya untuk next-nya jelas. dan kemudian tidak tampak di 02 (Prabowo)," ungkap Ari.



Ari mengatakan swing voters dan undecided voters merupakan pemilih rasional. Jadi pemaparan yang rasional-lah yang akan menjadi pilihan mereka.

"Swing voters dan undecided voters yang cenderung rasional mereka ini, mereka akan terdorong untuk preferensinya ke 01 daripada 02, dan daya pengaruh atau magnet elektoralnya lebih kuat untuk ke 01, karena memang panggungnya 01 lebih unggul," ucap Ari.
(idn/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed