DetikNews
Senin 18 Februari 2019, 19:53 WIB

TKN Jawab Sandiaga: Senyum Pak Jokowi Pas, Tak Cengengesan

Lisye Sri Rahayu - detikNews
TKN Jawab Sandiaga: Senyum Pak Jokowi Pas, Tak Cengengesan Capres petahana Jokowi saat debat kedua capres (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin membela calon presiden (capres) yang diusungnya dari penilaian rival mengenai ekspresi. Jokowi disebut TKN sudah pas dalam berekspresi saat debat.

"Yang jelas, Pak Jokowi bisa menempatkan ekspresi wajah yang pas. Tidak serius berlebihan, tapi senyumnya tidak cengengesan," ujar Direktur Program TKN Aria Bima di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (18/2/2019).

Penilaian soal ekspresi memang sebelumnya dilontarkan calon wakil presiden (cawapres) Sandiaga Uno. Dia menyebut Jokowi tampak rileks, tetapi kurang tersenyum.




"Saya lihat tampilan Pak Jokowi pada posisi yang pas, tidak kaku, tidak serius berlebihan, tapi juga tidak menempatkan forum itu sebagai tempat guyonan," kata Aria.

"Ini bukan stand up comedy, tapi juga bukan debat yang asal omong atau debat cenderung jadi bentuk adu mulut. Menurut saya, masih pas (ekspresi Jokowi), karena kemarin kita ada kurang-kurangnya. Namanya juga kita masih cari format yang paling tepat seperti apa, ini kan kita juga jadi belajar," imbuh Aria.

Sandiaga sebelumnya memuji penampilan Jokowi. Namun menurut Sandiaga, Jokowi kurang tersenyum.

"(Jokowi) rileks juga, tapi kurang senyumnya. Tapi Pak Jokowi rileks. Pak Jokowi tajam. Tadi sempat langsung referensi pada pribadi Pak Prabowo. Itu sebetulnya tidak kami siapkan," ujar Sandiaga.



Ikuti perkembangan terbaru Pemilu 2019 hanya di detikPemilu. Klik di sini.
(dhn/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed