DetikNews
Senin 18 Februari 2019, 18:18 WIB

Lahan Prabowo Disinggung, BPN: Orang Sekitar Jokowi Juga Banyak Punya HGU

Yulida Medistiara - detikNews
Lahan Prabowo Disinggung, BPN: Orang Sekitar Jokowi Juga Banyak Punya HGU Foto: Tsarina/detikcom
Jakarta - Juru Debat BPN Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Ahmad Riza Patria, membela Prabowo terkait lahan di Kalimantan Timur dan Aceh Tengah yang berstatus HGU (Hak Guna Usaha). Menurut Riza, orang di sekitar Jokowi juga banyak yang memiliki HGU.

"Yang dimiliki oleh Pak Prabowo itu bukan sertifikat hak milik, itu adalah HGU sebagaimana pengusaha-pengusaha lainnya, dan mohon maaf di sekitar Pak Jokowi banyak itu yang punya HGU, HGU seperti itu, mungkin juga HGB dan lainnya," kata Riza, di Kompleks DPR, Jakarta, Senin (18/2/2019).



Namun, menurut Riza, Prabowo siap mengembalikan lahan tersebut jika diminta oleh negara. Riza menyebut Prabowo sebagai sosok yang nasionalis.

"Bedanya Pak Prabowo menyampaikan bahwa HGU yang dimiliki perusahaannya oleh Prabowo sahamnya tidak semua dimiliki pribadi ada beberapa orang, itu siap, coba bayangkan, HGU itu ada umurnya, kurang lebih berapa? 35 tahun atau 30 tahun. Beliau siap kapan saja kalau ingin diminta oleh negara. Dia disampaikan saya nasionalis saya Patriot demi kepentingan negara, saya akan ambil," ungkapnya.



Ia mengatakan akan lebih baik lahan tersebut tidak dikelola oleh asing dan uangnya masuk ke dalam negeri. Riza menyebut masih ada sumber daya alam yang dikelola oleh orang Indonesia tetapi uangnya mengalir ke luar negeri.

"Mohon maaf banyak, jangankan asing banyak orang Indonesia lainnya yang kaya menikmati sumber daya alam alam Indonesia uangnya mengalir ke luar negeri. Makanya Pak Prabowo di banyak kesempatan menyampaikan banyak kebocoran termasuk masalah bangsa adalah mengalirnya kekayaan kita, uang kita ke luar negeri, tidak kurang dari 11.400 triliun, dan itu disampaikan oleh Pak Prabowo secara baik dan santun seperti apa yang disampaikan oleh menteri Bapak begitu," ujarnya.



Sebelumnya, Jokowi sempat menyinggung soal lahan Prabowo di Kaltim seluas 220 ribu Hektare dan 120 ribu hektare di Aceh Tengah saat menjawab soal masalah penguasaan kebun oleh korporasi. Prabowo pun mengakui menguasai ratusan ribu hektare tanah di sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk total 340 ribu Ha di Kaltim dan Aceh Tengah itu.

Meski begitu, Prabowo mengatakan tanah yang dimilikinya itu berstatus HGU (hak guna usaha). Karena itu, lanjut dia, tanah tersebut bisa sewaktu-waktu diambil negara. Menurut Prabowo, akan lebih baik jika tanah tersebut dikelola dirinya. Sebab, Prabowo tak rela jika tanah negara itu jatuh ke tangan asing.

"Tapi adalah HGU. Adalah milik negara. Jadi setiap saat negara bisa ambil kembali. Kalau untuk negara, saya rela mengembalikan itu semua. Tapi daripada jatuh ke orang asing, lebih baik saya yang kelola. Karena saya nasionalis dan patriot," tutur Prabowo.


Saksikan juga video 'Jokowi Umbar Lahan Prabowo, BPN: Bernuansa Fitnah':



(yld/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed