Anisha Dasuki-Tomtjok 48 Kali Ucapkan 'Mohon Tenang' dan 'Harap Tenang'

Indah Mutiara Kami - detikNews
Senin, 18 Feb 2019 16:54 WIB
Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta - Keriuhan pendukung saat debat kedua Pilpres 2019 membuat moderator harus berulang kali mengucapkan 'harap tenang' dan 'mohon tenang'. Tepatnya, 48 kali.

Debat pada Minggu (17/2/2019) malam dipandu oleh dua orang moderator yaitu Anisha Dasuki dan Tommy Tjokro. Di sela-sela membacakan pertanyaan untuk dua capres, Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto, serta mengingatkan bahwa waktu sudah habis, keduanya juga harus menenangkan para pendukung di lokasi debat.

Para pendukung berkali-kali meneriakkan yel-yel dan bersuara riuh di sela-sela capres mengemukakan jawaban, bahkan ada pula momen keriuhan di tengah capres berbicara. Keduanya kerap mengucapkan 'harap tenang' dan 'mohon tenang' untuk menjaga kondusivitas jalannya debat.



Seperti saat di tengah-tengah perdebatan Jokowi dan Prabowo di sesi kedua, Anisha dan Tommy beberapa kali meminta pendukung di lokasi debat untuk tenang.

"Mohon tenang," kata Tommy.

"Harap tenang harap tenang harap tenang," tambah Anisha.

"Baik mohon tenang terima kasih," ucap Tommy yang kemudian melanjutkan jalannya debat.

Anisha Dasuki / Anisha Dasuki / Foto: Rengga Sancaya




Berapa kali tepatnya 'harap tenang' dan 'mohon tenang' diucapkan?

Data itu dapat dilihat dari transkrip debat kedua Pilpres 2019 di situs debatcapres.bahasakita.co.id dari PT Bahasa Kita (PTBK). PT Bahasa Kita menggunakan Notula Rapat untuk membuat transkripsi otomatis dari jalannya debat Capres 2019 yang kemudian dikontrol untuk membuat transkrip lengkap debat kandidat kata per kata yang terucap dari tiap-tiap kandidat.

Dari hitungan di transkrip tersebut, baik Anisha Dasuki dan Tommy Tjokro mengucapkan 'harap tenang' sebanyak 24 kali dan 'mohon tenang' sebanyak 24 kali. Totalnya, 48 kali mereka mengulang kata-kata itu demi menenangkan pendukung capres.



Saksikan juga video 'Kumpulan Ekspresi Jokowi-Prabowo di Debat Pilpres yang Bikin Greget':


(imk/tor)