DetikNews
Senin 18 Februari 2019, 14:54 WIB

Jokowi Soal Kebakaran Hutan 3 Tahun Terakhir: Bukan Tak Ada, Turun 85%

Ray Jordan - detikNews
Jokowi Soal Kebakaran Hutan 3 Tahun Terakhir: Bukan Tak Ada, Turun 85% Foto: Jokowi tunjukkan pulpen (Jordan/detikcom)
Jakarta - Jokowi bicara soal data kebakaran hutan dalam 3 tahun terakhir, yang sempat dinyatakan di debat Pilpres 2019 dan jadi pembahasan karena dinilai tak akurat. Jokowi menjelaskan lebih lanjut pernyataannya di debat.

"Kita, saya sampaikan kita bisa mengatasi kebakaran dalam 3 tahun ini. Artinya bukan tidak ada. Turun drastis, turun 85 persen lebih. Artinya sekarang kan nggak ada yang namanya pesawat nggak bisa turun nggak bisa naik kayak dulu," kata Jokowi kepada wartawan di Banten, Senin (18/2/2019).


Jokowi mengatakan keluhan-keluhan dari daerah soal kebakaran hutan sudah tak nyaring lagi. Begitu juga dengan keluhan dari negara tetangga yang tak lagi terdengar.

"Keluhan dari negara tetangga dalam tiga tahun ini, Singapur, Malaysia dapat dikatakan nggak ada komplain sama sekali. Itu yang kita maksudkan. Tapi turunnya lebih dari 85 persen gitu lho, jangan dilebih-lebihkan lah seperti itu, datanya juga ada seperti biasa," ujarnya.


Jokowi bicara soal kebakaran hutan di panggung debat melawan Prabowo Subianto, Minggu (17/2) kemarin malam. Jokowi menyebut tak ada lagi kebakaran hutan dan lahan dalam 3 tahun terakhir. Rupanya ada data berbeda menurut BNPB.

"Kebakaran lahan gambut tidak terjadi lagi dan ini sudah bisa kita atasi. Dalam tiga tahun ini tidak terjadi kebakaran lahan, hutan, kebakaran lahan gambut dan itu adalah kerja keras kita semuanya," kata Jokowi di panggung debat kedua, di Hotel The Sultan, Senayan, Jakarta, Minggu (17/2/2019).

Begini data karhutla di Indonesia menurut data BNPB:

- Tahun 2019 (hingga Februari): 5 kali kejadian karhutla, 1 orang hilang/meninggal dunia
- Tahun 2018: 370 kali kejadian karhutla, 4 orang hilang/meninggal dunia
- Tahun 2017: 96 kali kejadian karhutla, tak ada korban jiwa/hilang
- Tahun 2016: 178 kali kejadian karhutla, 2 orang hilang/meninggal dunia
(tor/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
BERITA TERBARU +