DetikNews
Senin 18 Februari 2019, 13:17 WIB

Jokowi: Tunjukkan Ulama Mana yang Dikriminalisasi, Saya Urus!

Andhika Prasetia - detikNews
Jokowi: Tunjukkan Ulama Mana yang Dikriminalisasi, Saya Urus! Presiden Jokowi bagi-bagi sertifikat di Kabupaten Tangerang. (Andhika Prasetya/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) enggan dicap mengkriminalisasi ulama. Jokowi meminta bukti jika dia berbuat demikian.

"Ada yang menyampaikan kriminalisasi ulama. Lho, lho, lho, lho. Saya apa kriminalisasi, tolong tunjukkan. Yang namanya kriminalisasi kalau nggak punya masalah hukum, dimasukkan ke sel. Itu namanya kriminalisasi," ujar Jokowi saat membagikan sertifikat tanah di Kantor Bupati Tangerang, Tigaraksa, Banten, Senin (18/2/2019).


Jokowi mengatakan siapa pun harus berhadapan dengan hukum jika terbukti bersalah. Dia siap turun tangan jika ada ulama yang dikriminalisasi.

"Tapi kalau punya masalah hukum, seperti gubernur, bupati, menteri, siapa pun siap berhadapan dengan aparat hukum. Tunjukkan ulama mana yang dikriminalisasi, saya urus nanti. Saya urus," jelas Jokowi.


Jokowi mengaku kerap mengunjungi pondok pesantren atau bertemu dengan para ulama sehingga Jokowi tidak ingin ada tuduhan yang tidak berdasar seperti kriminalisasi ulama.

"Saya juga nggak mau kok. Saya juga setiap hari bertemu ulama, hampir setiap minggu keluar-masuk pondok pesantren, ini kebalik-balik kalau diteruskan. Nanti larinya ke mana-mana kalau nggak saya (jawab)," ujar Jokowi.


Simak Juga 'Soal Kriminalisasi, Menko Polhukam Tak Pandang Bulu':

[Gambas:Video 20detik]


(dkp/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed