DetikNews
Senin 18 Februari 2019, 11:43 WIB

MenPAN Bentuk Tim Penyelaras Selesaikan Kontroversi Reorganisasi LIPI

Matius Alfons - detikNews
MenPAN Bentuk Tim Penyelaras Selesaikan Kontroversi Reorganisasi LIPI Foto: MenPAN-RB, Syafruddin. (Alfons-detikcom)
Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Syafruddin membentuk tim penyelaras terkait kekisruhan dalam internal Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Tim itu juga melibatkan kementerian dan lembaga di luar LIPI.

"Jalan keluarnya adalah membentuk tim penyelaras, jadi bukan hanya LIPI sendiri tapi tim penyelarasnya yaitu Kementerian Risetdikti, kemudian KemenPAN, dan BKN, dan LIPI sendiri," kata Syafruddin kepada wartawan di kantor KementerianPAN RB, Jalan Kavling 69, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (18/2/2019).


Syafruddin mengatakan tim penyelaras ini akan bertugas menyelesaikan konflik internal yang tidak bisa diatasi oleh LIPI. Tim ini diharapkan dapat menyelesaikan konflik dalam waktu dekat.

"Masalah-masalah yang tidak selaras, tidak seimbang dan tidak patut agar diselesaikan secepatnya dalam satu dua minggu ke depan," ujarnya.

Selain itu, untuk sementara, Syafruddin juga berharap LIPI menghentikan terlebih dahulu konflik yang ada di internal lembaga. Hal ini untuk menghindari kekisruhan berkembang di masyarakat.

"Langkah-langkah untuk sementara dihentikan, cooling down, jangan membuat opini yang menghasilkan kekisruhan di masyarakat, apalagi ini lembaga penelitian yang sangat sakral saya rasa ya," jelas Syafruddin.


Syafrudin menjelaskan sebenarnya tidak ada jabatan yang hilang di LIPI. Tapi hanya pengalihan dan tidak tersosialisasi dengan baik.

"Kemasalahan detilnya ada beberapa jabatan jabatan yang diganti ya, kemudian ada struktur pengalihan fungsi yang tadinya jabatan struktural menjadi jabatan fungsional," ungkap Syafruddin.

"Sebenarnya tidak ada jabatan yang hilang, ini hanya pengalihan di dalam. Cuma ini masalah eksekusinya yang kurang sempurna. Tidak tersosialisasi dengan baik," sambungnya.

Kepala LIPI Laksana Tri Handoko sebelumnya angkat bicara soal aduan sejumlah profesor LIPI ke DPR terkait rencana reorganisasi. Handoko mengatakan reorganisasi tersebut sudah disetujui oleh Kementerian PAN-RB.

"Jujur saya belum lihat karena tadi masih ada rapat yang lain. Yang saya dengar, mereka keluhannya ada reorganisasi, perampingan, seolah-olah ada lay off. Padahal sebetulnya tidak seperti itu. Betul kita melakukan reorganisasi. Yang pertama itu atas persetujuan dan memang dibuat oleh KemenPAN-RB. Kan tidak ada reorganisasi di kementerian/lembaga yang dibuat-buat sendiri, kan nggak ada, nggak boleh. Reorganisasi merupakan proses panjang perbaikan organisasi yang harus dan selalu dipimpin oleh KemenPAN-RB," ujar Handoko saat dihubungi detikcom, Rabu (30/1).


Simak Juga 'Wawancara Eksklusif Kepala LIPI, Kontroversi Reorganisasi':

[Gambas:Video 20detik]



(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
>