DetikNews
Senin 18 Februari 2019, 11:01 WIB

Putri Gus Dur Ajak Masyarakat Berbesar Hati Kokohkan Kebhinekaan

M Iqbal - detikNews
Putri Gus Dur Ajak Masyarakat Berbesar Hati Kokohkan Kebhinekaan Foto: Dialog Kebangsaan di Stasiun Merak (Iqbal-detikcom)
Jakarta - Putri Gus Dur, Alissa Wahid mengajak masyarakat berbesar hati menerima perbedaan untuk memperkokoh kebhinekaan. Memperkuat persatuan sangat dibutuhkan saat ini, terlebih dalam menghadapi Pemilu 2019.

Menurutnya, Indonesia adalah gagasan karena dahulu di bumi Nusantara terdiri dari banyak identitas kelompok. Jika tak berbesar hati, sentimen perpecahan akan menghantui Indonesia.

"Bayangkan, jaman dulu kita bisa bertetangga di Ambon, desa muslim dan Kristen mereka bisa saling membantu dalam membangun tempat ibadah," katanya pada acara Dialog Kebangsaan di Stasiun Merak, Senin (18/2/2019).



Suatu daerah di Indonesia, lanjutnya, tidak mungkin mensterilkan diri dari orang-orang yang berasal dari daerah lain. Hal itu mengingat saat ini Indonesia memasuki era keterbukaan informasi.

"Banten tidak mungkin mensterilkan diri sendiri, karena teknologi informasi membawa ini," tuturnya.

Untuk itu, melalui acara Dialog Kebangsaan, kata dia, dirinya bersama beberapa tokoh akan roadshow mulai daei Merak hingga Banyuwangi untuk menggaungkan bahwa Indonesia tidak boleh hancur oleh perbedaan.

"Jelajah Kebangsaan ini kami mengajak ayo kita lebih arif menyikapi situasi seperti ini," katanya.


Simak Juga 'Mengenang Politik Kemanusiaan Ala Gus Dur':

[Gambas:Video 20detik]



(rvk/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed