DetikNews
Minggu 17 Februari 2019, 17:27 WIB

KLB Rabies, 9 Ribu Dosis Vaksin Dikirim ke NTB

Tim detikcom - detikNews
KLB Rabies, 9 Ribu Dosis Vaksin Dikirim ke NTB Ilustrasi Vaksin Rabies (Foto: Rifkianto Nugroho-detikcom)
Mataram - kementerian Pertanian (Kementan) telah mengirim 9.000 dosis vaksin anti rabies (VAR) ke Nusa Tenggara Barat (NTB). Vaksin ini untuk mencegah menularnya penyakit rabies di Sumbawa dan Dompu.

"Kementan telah memberikan tambahan vaksin rabies 5.000 dosis lagi yang telah diterima pada Jumat (15/2). Dengan tambahan tersebut maka jumlah vaksin rabies yang telah diberikan 9.000 dosis," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan NTB, Budi Septiani di Mataram, yang dilansir Antara, Minggu (17/2/2019).



Dia menambahkan penyakit rabies menyerang Kabupaten Dompu sejak Januari 2019 dan sudah menyebar ke Kabupaten Sumbawa. Berdasarkan data tim gabungan penanganan rabies Kabupaten Dompu, jumlah korban gigitan hewan penular rabies (HPR) sebanyak 685 orang.

Sedangkan untuk hewan, pihaknya telah melakukan vaksinisasi kepada 3.306 ekor hewan yang terdiri dari Anjing, Kucing dan kera. Adapun total hewan penular rabies di Dompu sebanyak 10.334 ekor.



"HPR yang sudah diberikan vaksinasi, yakni anjing sebanyak 2.952 ekor, kucing 333 ekor dan kera 21 ekor," ujar Budi.

Di Kabupaten Sumbawa, kata dia, pemberian vaksinasi juga sudah dan terus dilakukan oleh dinas terkait. Kabupaten Sumbawa telah menerima bantuan sebanyak 3.200 dosis vaksin rabies pada Jumat (15/2). Jumlah vaksin tersebut difokuskan kepada daerah yang memiliki risiko tinggi terhadap penularan rabies.


Simak Juga 'Bantai Ribuan Anjing, Warga Dompu Melawan Rabies':

[Gambas:Video 20detik]



(rvk/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed