KPU Mulai Distribusikan Logistik Pemilu 2019 ke Luar Negeri

Dwi Andayani - detikNews
Minggu, 17 Feb 2019 10:16 WIB
Foto: Ketua KPU Arief Budiman (topi hitam)/ (Dwi-detikcom)
Jakarta - KPU meresmikan pendistribusian perdana logistik pemilu untuk pemilih di luar negeri. Nantinya logistik ini akan dikirimkan ke 130 kantor perwakilan RI di luar negeri.

"Logistik akan dikirim ke 130 kantor perwakilan RI di luar negeri," ujar Katua KPU Arief Budiman, di Gudang logistik KPU Komplek Pergudangan Zoodia, Jl Husein Sastranegara, Kota Tangerang, Minggu (17/2/2019).

Acara ini juga dihari Komisioner KPU Evi Novida Ginting Manik, Ilham Saputra, Pramono Ubaid Tanthowi, Hasyim Asyari dan Viryan Aziz.Selain itu hadir pula Wamenlu RI Abdurrahman Mohammad Fachir, anggota DKPP Alfitra Salamm, anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar dan Ketua pokja Pemilu Luar Negeri Wajid Fauzi.



Arief mengatakan pengiriman ini akan dilakukan ke wilayah terjauh dengan jalan yang sulit di tempuh. Dia juga mengatakan hari ini logistik pemilu akan di kirimkan pada negara Afrika dan Amerika Latin.

"Hari ini akan dikirim ke wilayah yang terjauh dan agak sulit jalan dan cuacanya. Hari ini dikirim ke Afrika dan Amerika Latin," kata Arief.

"Tanggal 18-19 Februari akan dikirim untuk Amerika dan Asia, 20 Februari ke Timur Tengah, tanggal 21-22 ke Pasific, tanggal 22-25 ke Eropa dan sebagian Asia," sambungnya.

Arief mengatakan surat suara yang dikirimkan yaitu surat suara yaitu Presiden dan pemilihan DPRD DKI Jakarta 2. Selain itu logistik pemilu yang dikirim lainnya berupa tinta hingga hologram.

"Untuk logistik luar negeri ada dua surat suara persiden dan DPR DKI Jakarta 2. Tinta, segel, hologram, formulir dan seluruh kelengkapannya," kata Arief.



Dia juga menyebut nantinya logistik ini tidak akan dibongkar untuk diperiksa di bandara. Hal ini karena logistik masuk sebagai dokumen negara.

"Ini sudah disegel dan nantinya tidak akan dibongkar untuk diperiksa karena masuk sebagai dokumen negara," tuturnya.

Jumlah surat suara yang hari ini dikirim yaitu masing-masing sebanyak 9.134 surat suara untuk presiden dan DPD DKI 2. Dengan Total 18.268 surat suara.


Simak juga video 'Potret Antusias Para Difabel Jalani Simulasi Pemilu':

[Gambas:Video 20detik]

(dwia/rvk)