DetikNews
Sabtu 16 Februari 2019, 19:53 WIB

Rommy: Para Kiai Meyakini Paslon 01 Pasangan Ideal untuk Pimpin RI

Akfa Nasrulhak - detikNews
Rommy: Para Kiai Meyakini Paslon 01 Pasangan Ideal untuk Pimpin RI Foto: PPP
Jakarta - Ketua Umum PPP, M. Romahurmuziy (Rommy) menyebut saat ini semakin banyak tokoh agama yang memberikan dukungan kepada pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Bahkan, di antara mereka ada yang membuat buku, salah satunya adalah KH. Said AR sebagai Pengasuh Pondok Pesantren Ma'hadul Ulumi Sar'yah (MUS) Sarang Rembang.

"Dukungan kepada Pak Jokowi- Ma'ruf Amin terus mengalir. Para kiai meyakini bahwa Paslon 01 merupakan pasangan ideal untuk memimpin Indonesia lima tahun ke depan," ujar Rommy, dalam keterangannya, Sabtu (16/2/2019).


Sementara itu, KH Said yang membuat buku bertajuk "Memilih Ir Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin Prespektif Fikih" itu menyampaikan ada banyak alasan dalam prespektif fikih dan usul fikih yang membuat Paslon 01 ini wajib dipilih umat muslim Indonesia. Ia juga mengutip sejumlah pendapat ulama terkait sosok pemimpin yang harus dipilih.

"Pasangan Pak Jokowi-KH Ma'ruf ini merupakan bagian dari kepemimpinan ulama, walaupun bagian ulama itu adalah wakilnya. Ada kaidah yang berbunyi 'bila sesuatu tidak dapat ditemukan semua, maka tidak boleh ditinggalkan semua', sehingga kita perlu memilih pasangan yang ada unsur ulama ini," katanya.


Ia menambahkan, ulama harus diposisikan paling tinggi. Baik itu di pemerintahan, maupun lainnya. Ulama menurutnya tidak hanya dibatasi sebagai imam salat.

"Sekarang baru bisa memposisikan ulama sebagai Wapres, maka kita pilih yang ada. Memilih mereka merupakan bagian dari penghormatan kita pada ulama," jelasnya.
(mul/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed