DetikNews
Sabtu 16 Februari 2019, 12:33 WIB

Polisi Periksa Plt Ketum PSSI Joko Driyono Senin Pekan Depan

Matius Alfons - detikNews
Polisi Periksa Plt Ketum PSSI Joko Driyono Senin Pekan Depan Plt Ketum PSSI Joko Driyono (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Polisi menjadwalkan pemeriksaan Plt Ketum PSSI Joko Driyono pada Senin (18/2) pekan depan. Joko Driyono dipanggil sebagai tersangka perusakan barang bukti kasus dugaan pengaturan skor.

"Dalam rangka pemeriksaan yang bersangkutan, selanjutnya pada hari Jumat kemarin dari Satgas Antimafia Bola melayangkan surat panggilan kepada saudara J untuk dimintai keterangan dengan status sebagai tersangka hari Senin besok," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta Selatan, Sabtu (16/2/2019).

Pemeriksaan dilakukan untuk mendalami kasus dugaan pengaturan skor di sejumlah pertandingan seperti Liga 3 dan Liga 2.

"Seluruhnya sudah ada 14 tersangka," sebut Dedi.


Polisi menetapkan Plt Ketum PSSI Joko Driyono sebagai tersangka berdasarkan sejumlah alat bukti. Pertama, Satgas Antimafia Bola mendapat keterangan dari tiga tersangka berinisial NM, M, dan AG. Ketiga orang ini mengaku merusak barang bukti berdasarkan perintah dari orang lain.

"Berangkat dari pemeriksaan tiga tersangka tersebut, kemudian dari Satgas Antimafia menemukan ada tersangka baru lagi, karena 3 ini adalah sebagai pelaku. Tentu 3 pelaku itu memiliki aktor intelektual itul ah yang dalam proses pemeriksaan satgas menemukan saudara J, atau Jokdri (dan) ditetapkan sebagai tersangka dari hasil gelar perkara," papar Dedi.


Satgas Antimafia Bola kemudian menggeledah unit apartemen yang dihuni Joko Driyono Apartemen Taman Rasuna Tower 9 lantai 18 di Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis (14/2) malam.

"Ada 75 item barbuk (barang bukti) yang berhasil di sita oleh satgas, dari 75 item itu dilakukan audit tambah menguatkan bukti-bukti pendukung dalam rangka menetapkan J sebagai tersangka," ujar Dedi.

Selain itu, Satgas Antimafia Bola mengirimkan surat permintaan cegah untuk Plt Ketum PSSI Joko Driyono dalam masa 20 hari.


Saksikan juga video 'PSSI 'Luruskan' soal Status Tersangka Joko Driyono':

[Gambas:Video 20detik]


(fdn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed