DetikNews
Jumat 15 Februari 2019, 15:37 WIB

Polisi Selidiki Unsur Penodaan Agama dalam 'Komik Muslim Gay'

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Polisi Selidiki Unsur Penodaan Agama dalam Komik Muslim Gay Ilustrasi (Carl Court/Getty Images)
Jakarta - Polisi masih melakukan penyelidikan terkait akun Instagram @alpant**i 'Gay Muslim Comics' . Polisi membutuhkan saksi ahli untuk menentukan ada-tidaknya unsur penistaan agama dalam akun itu.

"Butuh saksi ahli juga, apakah foto, narasi-narasi yang disampaikan, itu bentuk suatu penistaan agama atau bukan," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Jumat (15/2/2019).

"Nanti konstruksi hukuman ada saksi ahli ada ahli pidana, ahli bahasa untuk memperjelas itu," imbuhnya.


Dedi mengatakan penyelidikan dilakukan oleh Polda Metro Jaya. Meski begitu, bukan tidak mungkin Tim Siber Mabes Polri juga akan dilibatkan.

"Siber Mabes Polri akan mendukung yang dibutuhkan Siber Polda Metro dalam rangka mengungkapkan pidana," ujar Dedi.


Akun tersebut diketahui memuat konten-konten dewasa yang menceritakan kehidupan gay dan memiliki 5.933 followers. Instagram akhirnya menutup akun tersebut pada Rabu (13/2). Penutupan itu atas permintaan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

"Instagram memenuhi permintaan Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk melakukan penutupan akses (blokir) terhadap akun instagram Alpant**i karena memuat konten pornografi. Tercatat, mulai hari ini Rabu (13/02/2019) pukul 05.00 pagi akun tersebut tidak bisa diakses lagi," kata Plt Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Ferdinandus Setu dalam keterangan tertulisnya, Rabu (13/2).


Simak Juga 'Instagram Tutup Akun Komik Muslim Gay':

[Gambas:Video 20detik]


Polisi Selidiki Unsur Penodaan Agama dalam 'Komik Muslim Gay'

(abw/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed