DetikNews
Jumat 15 Februari 2019, 02:22 WIB

BMKG Gandeng PBNU Sebarkan Informasi soal Cuaca hingga Gempa

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
BMKG Gandeng PBNU Sebarkan Informasi soal Cuaca hingga Gempa Kantor BMKG (Farih Maulana/detikcom)
Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melakukan penandatanganan kerja sama dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Kerja sama dilakukan terkait penyebarluasan informasi di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika kepada masyarakat.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan sinergi antar-elemen masyarakat sangat diperlukan untuk mendukung mitigasi bencana. Termasuk peran tokoh agama yang dinilai penting dalam menyebarkan informasi tersebut.

"Peran tokoh agama sangat penting dalam penyampaian informasi untuk keselamatan masyarakat dari ancaman bahaya cuaca, iklim, gempa, dan tsunami," kata Dwikorita dalam keterangannya, Rabu (13/2/2019).


Dwikorita menyadari NU mempunyai jejaring yang luas dan tersebar di seluruh daerah di Indonesia. Dia pun berharap kerja sama dengan NU ini dapat menyebarluaskan informasi cuaca, iklim, dan gempa bumi secara masif.

Sementara itu, Ketua Lembaga Penanggulangan Bencana Perubahan Iklim NU (LPBI), Ali Yusuf, berharap informasi dari yang disampaikan BMKG mudah diterima oleh masyarakat sehingga mereka paham tindakan yang harus dilakukan saat menghadapi bencana alam.


Menurut Ali, NU sudah memiliki lembaga falakiah yang fokus pada pergerakan cuaca ataupun rukyatul hilal. BMKG bisa bertukar pikiran dengan lembaga tersebut terkait mitigasi bencana alam.

"Lembaga falakiah juga mempunyai pakar untuk memprediksi bencana alam sehingga nantinya antara BMKG dengan NU bisa bertukar pikiran ataupun pengalaman," ucap Ali.
(knv/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed