Alasan Bripka Made Andry Viralkan Video Adi Saputra Pembanting Motor

Alasan Bripka Made Andry Viralkan Video Adi Saputra Pembanting Motor

M Guruh Nuary - detikNews
Kamis, 14 Feb 2019 16:45 WIB
Foto: Bripka Oky dan Bripka I Made diberi penghargaan (Guruh Nuary-detikcom)
Foto: Bripka Oky dan Bripka I Made diberi penghargaan (Guruh Nuary-detikcom)
Tangerang Selatan - Aksi Adi Saputra membanting-bantingkan motornya karena tidak terima ditilang polisi, direkam oleh anggota polantas Bripka I Made Andry Kusuma. Andry kemudian memviralkan video itu. Kenapa?

Bripka Andry saat itu bersama dengan Bripka Oky Ranto Wardana yang sedang menilang Adi. Melihat reaksi Adi itu, Made langsung mengeluarkan ponsel untuk merekamnya.

"Tujuannya yang pertama, supaya--karena pada sering kejadian kan banyak masyarakat yang merekam juga--tapi takutnya kami informasi yang beredar di masyarakat itu tidak sesuai dengan yang sebenarnya," jelas Andry kepada wartawan di Mapolresta Tangsel, Serpong, Tangsel, Kamis (14/2/2019).

Andry merekam kejadian itu sebagai bahan laporannya ke pimpinannya. Hal ini untuk menghindari agar tidak terjadi pemutarbalikan fakta.

"Maka dari itu saya berinisiatif merekam dengan maksud supaya kejadian yang terjadi itu ya tidak ada kami reka-reka, sesuai dengan apa yang ada pada proses kejadian itu dan juga sebagai bahan laporan kami kepada pimpinan," sambungnya.

Andry mengatakan, tidak ada instruksi khusus dari pimpinannya untuk merekam video.



"Iya itu adalah inisiatif dari kami, dari anggota untuk pertanggungjawaban," tuturnya.

Video yang beredar viral merupakan potongan peristiwa. Tetapi, Andry merekamnya sejak dari awal perdebatan hingga terjadi aksi banting motor.

"Itu yang viral itu video potongan, jadi kan kita awalnya masih ya perdebatan ada, tapi kami tetap profesional, prosedural. Kita jelaskan proses tilang seperti apa dan dari awal kita juga sudah mencoba untuk meredam sebenarnya, karena saudara AS tidak terima ditilang, ya akhirnya kejadian seperti itu (banting motor)," jelasnya.

Andry mengatakan, sejak awal Adi memang sudah emosi karena ditilang Oky. Melihat Adi kian emosi, Andry membantu Oky untuk 'menyelamatkan' pacar Adi.

"Iya, sudah mulai emosi, kami juga bantu meredam emosinya dengan pak Oky, dengan rekanitanya biar untuk meredam amarahnya, namun saudara AS ini ya tetap dan malah menjadi-jadi," sambungnya.

Made dan Oky mendapatkan reward dari Kapolres Tangerang Selatan AKBP Ferdy Irawan. Made dan Oky berterimakasih atas apresiasi tersebut.

(mea/mea)