DetikNews
Kamis 14 Februari 2019, 13:18 WIB

Anies akan Beri Dana ke Warga untuk Tata Kampung, NasDem DKI: Prematur!

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Anies akan Beri Dana ke Warga untuk Tata Kampung, NasDem DKI: Prematur! Foto: Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta Bestari Barus. (Indra-detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan memberikan dana APBD ke masyarakat untuk menata kampung. Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta menilai kebijakan itu prematur dan berpotensi tidak tepat sasaran.

"Prematur lah saya kira lah. Masyarakat kan bukan pengguna anggaran dan saya kira apa yang dilakukan Bina Marga sampai hari ini sudah cukup baik," kata Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jajarta Bestari Barus, saat dihubungi, Kamis (14/2/2019).

Bestari mengatakan pengawasan dana tersebut akan sulit. Dia meminta Anies mengkaji kembali kebijakan itu.

"Masyarakat memang masyarakat punya keahlian untuk melaporkan? Takutnya kejadiannya seperti yang dulu-dulu. Masyarakat tidak usah disuruh yang macem-macem," sebut Bestari.


Bestari meminta Anies menggunakan dananya untuk program yang sudah berjalan seperti pelatihan kewirausahaan di OK OCE. Menurutnya, hal tersebut lebih bermanfaat dibanding memberikan dana ke masyarakat yang belum jelas mekanismenya.

"Ya jangan coba-cobalah. Karena udah nggak ada program baru, makanya gubernur bikin macam-macam," ucapnya.

Sebelumnya, Anies menyebut ada empat tipe pengelolaan APBD. Dalam tipe ketiga dan keempat, dana bisa langsung diberikan ke masyarakat.

"Jadi swakelola, tipe 3, dan 4, terutama tipe 4 bisa berikan kepada masyarakat. Masyarakat yang laksanakan, pelaporan pun profesional. Jadi bukan badan usaha jadi itu Alhamdulillah PP (peraturan pemerintah)-nya keluar. Ketika kita susun di DKI ini, bahwa ke depannya kolaborasi pakai istilah kita masyarakat sebagai co-creator," ucap Anies kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (1/2).


Anies mencontohkan proyek pengaspalan jalan. Dinas terkait memberi dana untuk digunakan oleh masyarakat.

"Anggarannya di Dinas Bina Marga. Kalau dulu mereka melakukannya lewat badan usaha, kalau sekarang ada namanya tipe 4. Dan ini baru DKI yang melakukan sekarang. Ini memang barang baru. Baru DKI yang melakukan," ucap Anies.


Tonton juga video 'PKS-Gerindra Sepakat, Anies Tunggu Dua Nama Kandidat Cawagub':

[Gambas:Video 20detik]


Anies akan Beri Dana ke Warga untuk Tata Kampung, NasDem DKI: Prematur!

(fdu/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed