DetikNews
Kamis 14 Februari 2019, 11:46 WIB

Anies Tetapkan UMSP 2019, Besarannya Variatif tapi di Atas UMP

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Anies Tetapkan UMSP 2019, Besarannya Variatif tapi di Atas UMP Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menetapkan Upah Minimum Sektoral Provinsi (UMSP) yang disebutnya berprinsip keadilan. Besaran UMSP itu lebih tinggi dibandingkan Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI untuk tahun 2019 yang sebesar Rp 3,9 juta.

"Kita ingin di Jakarta ada keadilan. Kota ini harus beri kesempatan pada semua, termasuk buruh. Pekerja yang dapat upah layak akan bekerja lebih produktif karena dia dapat upah layak," kata Anies di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (14/2/2019).




Penetapan UMSP itu termaktub di dalam Peraturan Gubernur Nomor 6 Tahun 2019 Tentang UMSP. UMSP ditetapkan bagi pekerja di bidang pekerjaan tertentu di antaranya sektor bangunan dan pekerjaan umum; sektor kimia, energi, dan pertambangan; sektor logam, elektronik dan mesin; sektor otomotif; sektor asuransi dan perbankan; sektor makanan dan minuman; sektor farmasi dan kesehatan; sektor tekstil, sandang, dan kulit; sektor pariwisata; sektor telekomunikasi; sektor ritel.

Besaran UMSP itu berbeda-beda tergantung sektor pekerjaannya. Ada yang dihitung harian, tetapi ada pula yang bulanan. Untuk sektor bangunan dan pekerjaan umum, penetapan UMSP dengan hitungan harian yaitu paling rendah Rp 157.643 per hari untuk pekerja, tukang babat rumput, hingga tukang pasang pipa, sedangkan paling tinggi yaitu Rp 194.274 untuk mandor dan operator alat berat.

Sedangkan sektor pekerjaan lainnya dihitung bulanan dengan besaran variatif. Sebagai contoh untuk sektor logam, elektronikm dan mesin yang pekerjaannya meliputi industri motor listrik, generator, transformator, peralatan pengontrol, dan industri trafo termasuk memproduksi KWH meter ditentukan UMSP sebesar Rp 5.000.443.

Untuk terendahnya sebesar Rp 3.950.000 untuk pekerja di sektor industri pakaian jadi rajutan. Pekerja lain dari sektor-sektor yang disebutkan di atas besaran UMSP bervariatif di kisaran Rp 4 jutaan.

Dari penetapan UMSP itu, Anies mengakui ada keberatan dari pengusaha. Namun dia ingin pertumbuhan ekonomi di Jakarta tak hanya dirasakan pengusaha tapi juga buruh.




"Ya kalau mereka (pengusaha) keberatan nggak apa-apa, jalani aja. Pertumbuhan usaha jangan hanya menguntungkan yang punya modal tapi juga tenaga kerja. Kalau tidak, ketimpangan jalan terus," ujar Anies.

Anies mengatakan keputusan dalam menetapkan UMSP sudah sesuai prosedur. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menegaskan kebijakannya berbeda dengan pemerintahan sebelumnya.

"Tidak (sama). Gubernur sekarang bicara soal keadilan, bicara soal kesetaraan," ucapnya.

Berikut detail UMSP seperti tertuang dalam Peraturan Gubernur Nomor 6 Tahun 2019 Tentang UMSP:



Simak Juga 'Said Iqbal Minta UMP Rp 4,2 Juta, Ini Penjelasan Anies':

[Gambas:Video 20detik]


Anies Tetapkan UMSP 2019, Besarannya Variatif tapi di Atas UMP

(fdu/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed