Pesan Jokowi untuk Khofifah-Emil: Langsung Tancap Gas untuk Jatim

Andhika Prasetia - detikNews
Rabu, 13 Feb 2019 20:19 WIB
Presiden Jokowi melantik Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur. (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa segera tancap gas bekerja. Pesan ini juga berlaku untuk Wagub Jatim Emil Dardak.

"Ya secepatnya, secepat-cepatnya langsung tancap gas bekerja untuk masyarakat di Provinsi Jawa Timur, untuk Ibu Khofifah Indar Parawansa dan untuk Pak Emil Dardak. Semuanya, pesan saya tadi hanya satu, cepet. Gas, bekerja," ujar Jokowi di Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (13/2/2019).


Khofifah dan Emil baru saja dilantik Jokowi menjadi kepala daerah di Jatim. Keduanya menggantikan Soekarwo dan Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

Sementara itu, Mendagri Tjahjo Kumolo berharap Khofifah dapat mempertahankan Jatim sebagai provinsi berprestasi. Khofifah turut diingatkan memahami area rawan korupsi.


"Perlu koordinasi juga terhadap seluruh jajaran pemda tingkat II, terlebih hati-hati dan memahami area rawan korupsi, khususnya perencanaan anggaran," jelas Tjahjo.

Tjahjo yakin Khofifah serta Emil dapat mengemban amanah memimpin Jatim, terlebih pengalaman masing-masing yang pernah jadi menteri dan bupati. Tidak lupa, Khofifah diminta menjamin terselenggaranya Pemilu 2019 dengan baik di Jatim.


"Terus melakukan koordinasi dengan Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) yang ada. Dengan tokoh-tokoh masyarakat dan agama yang ada, untuk suksesnya pileg dan pilpres supaya lebih aman dan tingkat partisipasinya lebih tinggi," ujar Tjahjo. (dkp/jbr)