DetikNews
Selasa 12 Februari 2019, 17:23 WIB

Rogoh Dana Rp 6 M, BPJS TK Bangun RTH di Gianyar

Muhammad Idris - detikNews
Rogoh Dana Rp 6 M, BPJS TK Bangun RTH di Gianyar Foto: Mustiana Lestari/detikcom
Gianyar - BPJS Ketenagakerjaan resmi membangun ruang terbuka hijau (RTH) di Kabupaten Gianyar, Bali. Pembangunan tersebut ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Direktur BPJS TK Agus Susanto dan Wakil Bupati Gianyar AA Gde Mayun di GOR Kebo Iwa, Gianyar.

"Anggaran untuk pembangunan ruang terbuka hijau Kabupaten Gianyar itu kurang-lebih Rp 6 miliar. Ini pembangunan kedua. Saat ini kita sedang membangun ruang terbuka hijau di Makassar juga," jelas Agus di lokasi, Bali, Selasa (12/2/2019).

Menurut Agus, anggaran untuk membangun RTH seluas 1,3 hektare ini berasal dari dana Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), yang merupakan penyisihan dana operasional BPJS TK.

Ke depan, dia menjanjikan akan membangun lagi RTH di beberapa tempat di Indonesia.


"Untuk mempercantik kota di Indonesia. Kita tidak menargetkan jumlah, tapi menyesuaikan dengan pendanaan," sambungnya dia.

Sementara itu, Ketua Dewan Pengawas BPJS TK Guntur Witjaksono, mengatakan RTH ini akan memberikan banyak fungsi.

"Salah satunya program pembangunan RTH mempunyai maksud dari segi sosial masyarakat bisa menikmati fasilitas gratis dan tempat bersilaturahmi," jelas dia.

Wakil Bupati Gianyar AA Gde Mayun menambahkan ada juga beberapa fungsi lain RTH yang bisa dimanfaatkan masyarakat.


"Setidaknya ada dua manfaat yang diperoleh. Pertama, untuk mendukung kabupaten layak anak dan merupakan salah satu media informasi tentang program BPJS Ketenagakerjaan karena masyarakat wajib terlindungi sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan," tuturnya.

Ruang terbuka hijau seluas 13.170 meter persegi akan dibangun fasilitas olahraga, seperti jogging track, tenis, basket, wall climbing, dan skate park ditambah jalur refleksi bagi masyarakat yang ingin sekadar berjalan-jalan santai.

Selain itu, akan dibangun ruang publik dengan fasilitas food court, area bermain anak, ampiteater, dan pura.
(idr/prf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed