DetikNews
Senin 11 Februari 2019, 21:23 WIB

Presiden Jokowi Hadiri Pameran dan Lelang Lukisan Lintas Generasi

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Presiden Jokowi Hadiri Pameran dan Lelang Lukisan Lintas Generasi Foto: Noval Dhwinuari Antony/detikcom
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri pameran dan lelang lukisan lintas generasi. Acara yang dilakukan tertutup tersebut, dikatakan Jokowi, merupakan ajang untuk pengumpulan dana bagi TKN Jokowi-Ma'ruf.

Jokowi hadir di acara Pameran Lukisan Lintas Generasi #01 Satu Arah untuk Satu Indonesia Maju di Grand Ballroom Hotel Pullman, Jalan S Parman, Jakarta, Senin (11/2/2019) sekitar pukul 18.45 WIB. Jokowi kemudian keluar dari lokasi pada pukul 20.30 WIB.

"Kita menyampaikan apa yang sudah kita kerjakan dan apa yang akan kita kerjakan, saya kira itu saja," kata Jokowi setelah menghadiri acara.



Jokowi pun menanggapi kegiatan pameran dan lelang yang dilakukan tertutup. "Kita ngomong apa adanya ya, ini fundraising (ajang pengumpulan dana)," jawab Jokowi saat ditanya acara yang tertutup.

Melalui akun Instragram Seskab Pramono Anung, Jokowi juga tampak sempat membuat goresan sebuah lukisan di acara tersebut. Namun Jokowi tidak mengungkapkan apa lukisan yang dibuatnya.

"Iya (sempat melukis di dalam)," tuturnya.



Jokowi pun tidak mengetahui berapa lukisan yang laku terjual saat lelang.

"Lukis tadi kan dilelang, kok saya beli. Baru dimulai 1, kemudian saya tinggal," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Erick Thohir, mengatakan lelang tersebut diawali dari motivasi para seniman terkait program revolusi mental Jokowi. Selain itu, menurut Erick, ada kegelisahan di kalangan seniman yang hendak diekspresikan Jokowi-Ma'ruf.

"Kalau kita lihat kemarin bagaimana kalau dilihat lukisannya sendiri, ada mengenai lukisan alam, ada lukisan Garuda Sakti, ada lukisan wajah manusia Indonesia. Ini motivasi kita oleh pelukis terkenal juga, Saudara Nasirun," imbuhnya.



View this post on Instagram

Kartika Affandi melanjutkan lukisan dr goresan awal dr Pak @jokowi #01indonesiamaju #kerjakerja

A post shared by Pramono Anung W (@pramonoanungw) on Feb 11, 2019 at 3:52am PST




Pergerakan seniman, dikatakan Erick, harus diapresiasi. Sama halnya dengan beberapa kelompok sutradara yang beberapa waktu lalu memberikan dukungan ke Jokowi-Ma'ruf.

"Seperti kemarin juga kan di IKJ itu ada sutradara top, Saudara Hanung, Mira Lesmana, Riri Riza, sama ini bagian dari pergerakan atau kegelisahan, jangan sampai nanti, mohon maaf, karya karya mereka akhirnya dipersulit, karena dari kebebasan berekspresi kan hal yang penting. Sama juga dengan media, kebebasan pers adalah sesuatu yang penting," ungkapnya.

Erick pun mengatakan pihaknya akan melaporkan dana kampanye yang didapatkan dari lelang lukisan di acara tersebut. Sama halnya dengan sumbangan lain yang didapatkan dari warga.

Seperti juga kami sudah melaporkan ketika banyak rakyat juga mendukung TKN, ada yang Rp 500 ribu, ada yang sejuta, ada yang Rp 2 juta. Ada juga yang sekarang berupa lukisan. Ya, ini akan kita laporkan secara terbuka dan transparan. Tidak mungkin kami dari tim TKN yang menjaga sekali transparansi profitsionisme (untuk) menutupi-nutupi, tapi memang ada beberapa hal yang harus tertutup dan yang harus terbuka," jelasnya.
(nvl/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed