Viral Murid Tantang Guru, PPP Soroti Pendidikan Karakter di Sekolah

Akfa Nasrulhaq - detikNews
Senin, 11 Feb 2019 19:28 WIB
Foto: Sugeng Harianto/detikcom
Jakarta - Wakil Ketua Komisi IX dari Fraksi PPP Reni Marlinawati prihatin atas adanya siswa yang mem-bully guru di SMP PGRI Wringinanom, Gresik, Jawa Timur. Menurutnya, hal ini telah menjadi catatan buruk dalam dunia pendidikan Indonesia.

"Perisakan (bullying) siswa kepada guru terulang kembali. Saya prihatin dan sedih atas peristiwa tersebut. Harus ada tindakan konkret untuk menghentikan praktik tersebut," ujar Reni dalam keterangannya, Senin (11/2/2019).

Reni menambahkan hal mendasar dari kenakalan siswa yang terjadi adalah sedikitnya pendidikan karakter di sekolah. Banyak sekolah yang hanya memikirkan prestasi akademik dan tidak memberikan perhatian yang sangat besar pada karakter.


"Pihak sekolah memiliki tanggung jawab penuh dalam pembentukan karakter anak didik. Jika sekolah memiliki komitmen kuat dalam pembentukan karakter anak didik, peristiwa tersebut tidak bakal terjadi," kata Reni.

Reni juga meminta setiap pemda, khususnya dinas pendidikan bersama penyelenggara pendidikan, baik swasta maupun negeri, lebih serius memperhatikan pembentukan karakter anak didik. Ia meminta penguatan karakter dan akhlak anak didik diutamakan.

(idr/idr)