DetikNews
Senin 11 Februari 2019, 16:06 WIB

Galang Dana Kampanye, TKN Jokowi-Ma'ruf Gelar Lelang Lukisan

Rolan - detikNews
Galang Dana Kampanye, TKN Jokowi-Maruf Gelar Lelang Lukisan Sekretaris TKN Jokowi-Ma'ruf, Hasto Kristiyanto bersama Kartika Affandi. (Foto: Rolan/detikcom)
Jakarta - Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-M'ruf Amin menggelar lelang lukisan karya sejumlah seniman besar Tanah Air. Menurut Sekretaris TKN Jokowi-Ma'ruf, Hasto Kristiyanto, hasil lelang lukisan tersebut akan disumbangkan untuk keperluan kampanye pasangan nomor urut 01 itu.

Lelang digelar di Ballroom Hotel Pullman, Central Park, Podomoro City, Jakarta Barat, Senin (11/2/2019). Capres petahana Jokowi juga akan hadir di acara lelang lukisan ini.

Hasto mengatakan acara lelang lukisan ini merupakan bentuk dukungan para seniman lukis untuk Jokowi-Ma'ruf. Dia memastikan hasil dari lelang ini akan dilaporkan secara lengkap ke KPU.

"Karena memang ini nanti akan dilelang dan ini bagian dari karya para seniman untuk mendukung Pak Jokowi. Dan seluruh penerimaan termasuk juga gotong royong dari dana malam nanti itu semua akan dilaporkan dalam rekening dana kampanye dan akan dipakai nanti ketua panitia yang akan memberikan penjelasan terhadap hal-hal tersebut," kata Hasto di lokasi.



Lukisan yang ditampilkan dalam lelang kali ini merupakan karya sejumlah seniman di antaranya Kartika Affandi, I Nyoman Nuarta, Goenawan Muhammad, Putu Sutawijaya, Gusmen Heriadi, Deddy Sufriadi, dan Heri Kris.

Hasto menilai dukungan para seniman ini penting untuk Jokowi-Ma'ruf. Dia mengibaratkan dukungan tersebut sebagai kolaborasi antara politik dan kebudayaan.

"(Dukungan) ini sangat penting karena apapun gerak kebudayaan indah yang menjadi titik temu yang tadi saya katakan ilmu pengetahuan, kekuasaan, para politisi dan juga kebudayaan itu semua membentuk berkolaborasi sempurna. Karena itulah nanti malam bapak presiden Bapak Joko Widodo akan hadir," jelasnya.

Sementara itu, putri pelukis ternama, Affandi, Kartika Affandi menuturkan dukungan yang ia berikan kepada Jokowi dalam Pilpres 2019 ini merupakan bukti konsistensi. Kartika menyebut Jokowi sebagai sosok yang luar biasa.

"Iya harusnya kita harus konsekuen dong, nyambung terus, jangan putus di tengah jalan." ujarnya.

"Beliau (Jokowi) yang luar biasa, apalagi nanti melihat karya kami bagaimana kami mengungkapkannya," imbuh Kartika.


Simak Juga 'ICW Endus Ada Kamuflase di Dana Kampanye Jokowi-Ma'ruf':

[Gambas:Video 20detik]



(zak/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed