detikNews
Minggu 10 Februari 2019, 21:43 WIB

Alumni IKJ Dukung Jokowi, Ipang Wahid: Kinerja Ekonomi Kreatif Meningkat

Mega Putra Ratya - detikNews
Alumni IKJ Dukung Jokowi, Ipang Wahid: Kinerja Ekonomi Kreatif Meningkat Ipang Wahid (Foto: Istimewa)
Jakarta - Alumni Institut Kesenian Jakarta (IKJ) mendeklarasikan dukungan untuk paslon Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin di Pemilu 2019. Dukungan itu dinilai sebagai bukti kinerja Jokowi di bidang pembangunan kesenian dan kebudayaan.

"Memang para pekerja seni, pelaku ekonomi kreatif, secara obyektif bisa merasakan bagaimana ekonomi kreatif dalam beberapa tahun ini benar-benar digerakkan sebagai salah satu lokomotif ekonomi bangsa. Jadi masuk akal jika para pekerja seni menumpahkan dukungannya kepada Pak Jokowi," ujar praktisi industri kreatif Ipang Wahid yang juga alumni IKJ dalam keterangannya, Minggu (10/2/2019).


Sebagai ketua Kelompok Kerja Industri Kreatif di Komite Ekonomi Industri Nasional (KEIN), Ipang mengaku merasakan sendiri betapa denyut ekonomi kreatif berdetak kencang hingga ke daerah-daerah.

"Saya keliling dari Aceh sampai Papua, memang tidak bisa dimungkiri gairah ekonomi kreatif tumbuh besar. Anak-anak muda bersemangat berbisnis berbagai subsektor industri kreatif, dari kuliner, kriya, arsitektur, fesyen, musik, periklanan, film, sampai seni pertunjukan," ujar Ipang yang dikenal sebagai sutradara iklan ini.

Menurut Ipang, gairah itu muncul karena Presiden Jokowi mampu membangun ekosistem ekonomi kreatif yang baik dari hulu ke hilir. SDM, misalnya, disiapkan melalui berbagai jenis pelatihan oleh Badan Ekonomi Kreatif, termasuk dengan melibatkan pendidikan vokasi. Pemasaran pun difasilitasi hingga ke luar negeri.

Kemudian dukungan sistem diberikan melalui perizinan yang mudah dan pemangkasan pajak UMKM hingga 0,5 persen. "Mayoritas pelaku ekonomi kreatif adalah UMKM. Perizinan yang makin simpel dan berbasis online serta penurunan pajak menjadi stimulus pengembangan ekonomi kreatif di daerah-daerah," papar Ipang.

"Dan jangan lupakan dukungan psikologis yang luar biasa oleh Pak Jokowi yang memakai produk-produk lokal kreasi anak bangsa, mulai jaket, sepatu, kaos, nonton konser, minum kopi dan sebagainya. Itu melipatgandakan semangat millenials untuk tidak takut kreatif berkarya," imbuh lulusan The Art Institute of Seattle, Amerika Serikat, tersebut.

Oleh karena itu, Ipang menilai dukungan para pekerja kreatif ke Jokowi dilandasi sikap rasional yang obyektif karena kinerja nyata mantan gubernur DKI Jakarta tersebut. Sekaligus dukungan itu sebagai ikhtiar menitipkan harapan tentang perkembangan kesenian dan kebudayaan sebagai wajah peradaban bangsa.


"Saat ini kinerja ekonomi kreatif terus meningkat. Kontribusinya ke produk domestik bruto (PDB) diprediksi sudah tembus Rp1.100 triliun pada 2018. Serapan tenaga kerjanya juga terus meningkat, mencapai 18 juta orang pada 2018. Ekspor ekonomi kreatif pun terus menanjak.

Seperti diketahui, Sabtu (9/2), para alumnus IKJ mendeklarasikan dukungan untuk Jokowi. Mereka dimotori sejumlah praktisi industri kreatif lulusan IKJ, seperti Hanung Bramantyo, Mira Lesmana, Riri Riza, Hari Sabar, Leni Lolang, dan Ipang Wahid.
(ega/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com