detikNews
Sabtu 09 Februari 2019, 07:53 WIB

Jalanan Jakarta Belum Diperbaiki, Bina Marga Tunggu e-Katalog Terbit

Jabbar Ramdhani - detikNews
Jalanan Jakarta Belum Diperbaiki, Bina Marga Tunggu e-Katalog Terbit Lubang di Jalan Letjen MT Haryono makin banyak dan melebar (Foto: Jabbar Ramdhani/detikcom)
Jakarta - Sejumlah ruas jalan di Jakarta banyak yang berlubang. Dinas Bina Marga DKI mengatakan perbaikan yang bersifat permanen belum dilakukan karena menunggu daftar pengadaan barang dan jasa yang dipampang di e-katalog Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

"Untuk permanen, kita menunggu listing (daftar, red) dari katalog, di katalog kan sudah ada yang turun tayang dari LKPP. Sekarang lagi proses, mudah-mudahan minggu depan tayang, kita langsung kontrak," kata Kepala Dinas Bina Marga DKI, Hari Purnomo, saat dihubungi, Jumat (8/2/2019).

Hari mengatakan untuk penanganan sementara, pihak Dinas Bina Marga bersama Sudin Bina Marga hanya menambal lubang jalanan yang ada. Dia mengatakan hal ini akan terus dilakukan selama daftar pengadaan dan kontrak di e-Katalog LKPP belum tayang.


"Untuk penanganan, ini kan untuk menutupi jalan berlubang, memang sementara, emergency, kita pakai cold mix dan scrub. Ini untuk penanganan sementara. Tetap kita lakukan upaya lubang-lubang kita tutup. Walaupun seminggu-dua minggu bolong lagi, kita tutup lagi," kata dia.

Lubang saluran air di tengah Jalan Sudirman, Jakarta, membuat para pengendara harus ekstra hati-hati saat melintas.Lubang saluran air di tengah Jalan Sudirman, Jakarta, membuat para pengendara harus ekstra hati-hati saat melintas. (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)

Dia mengaku pihaknya sudah memetakan lokasi jalan-jalan rusak di Jakarta. Jalanan protokol yang rusak akan jadi prioritas untuk diperbaiki.

"Sudah dipetakan. Di utara, semua wilayah ada. Sudah dipetakan. Begitu di-list katalog sudah muncul langsung kita kerjakan secara bersamaan di dinas dan di sudin. Kan anggarannya sama-sama ada," tutur Hari.


Sebelumnya diberitakan beberapa ruas jalan di Jakarta berlubang di musim hujan ini. Kondisi ini memicu timbulnya kemacetan dan berpotensi menyebabkan kecelakaan bagi pengguna jalan.

Di Jalan MT Haryono arah Grogol, jalanan berlubang banyak ditemukan sebelum flyover Pancoran. Begitu juga di Jalan Jenderal Sudirman di mana ditemukan lubang jalanan di lubang drainase yang ada di badan jalan.
(jbr/tsa)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed