DetikNews
Jumat 08 Februari 2019, 16:34 WIB

Polisi Masih Analisis Laporan BPN soal Tabloid 'Indonesia Barokah'

Audrey Santoso - detikNews
Polisi Masih Analisis Laporan BPN soal Tabloid Indonesia Barokah Tabloid Indonesia Barokah di Kantor Pos Aceh (Agus/detikcom)
Jakarta - Laporan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi terkait tabloid 'Indonesia Barokah' masih dalam tahap dianalisis penyidik. Saat ini laporan tersebut ditangani Direktorat Tindak Pidana Umum.

"Sekarang sedang proses di Ditpidum Bareskrim," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Syahar Diantono di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (8/2/2019).

Syahar mengatakan penyidik menganalisis laporan dulu. Setelah itu baru melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi.

"Belum (agenda pemeriksaan saksi pelapor), masih proses. Tentunya proses analisis dulu," ucap Syahar.


Sebelumnya, Dewan Pers sudah memastikan tabloid 'Indonesia Barokah' bukan (produk) perusahaan pers. Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengaku perlu mengkaji ada atau tidaknya unsur pidana dalam tabloid tersebut dan segera meminta keterangan kepada para ahli untuk menganalisis unsur mengucilkan pihak tertentu dalam konten yang dimuat.

"(Unsur pidana) ini kan masih perlu pengkajian nanti. Akan dimintakan keterangan apakah konten dan foto yang dimuat ada unsur mendiskreditkan, menjatuhkan, ataupun narasinya semua bohong," kata Dedi di gedung Tribrata, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (30/1).


Beredarnya tabloid 'Indonesia Barokah' disesalkan BPN Prabowo-Sandiaga. Konten tabloid tersebut dinilai memojokkan paslon dan BPN telah membuat laporan di Bareskrim, dengan harapan polisi menyelidiki asal-usul tabloid tersebut.

Karena merasa dirugikan, BPN membuat laporan polisi dengan nomor laporan LP/B/0120/2019/Bareskrim tanggal 29 Januari 2019. Perkara yang dilaporkan adalah tindak pidana menyebarkan berita bohong (hoax) UU Nomor 1 Tahun 1945 tentang KUHP Pasal 14 ayat (1) dan ayat (2) serta Pasal 15.


Simak juga video 'Tabloid Indonesia Barokah Disebar Hingga ke Lhokseumawe':

[Gambas:Video 20detik]




(aud/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed