detikNews
Jumat 08 Februari 2019, 11:17 WIB

Sederet Isu Positif dan Negatif untuk Prabowo di Medsos

Indah Mutiara Kami - detikNews
Sederet Isu Positif dan Negatif untuk Prabowo di Medsos Prabowo dan Sandiaga (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta - Sejumlah isu terkait Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dibicarakan di media sosial secara positif dan negatif. Ada tentang doa Mbah Moen hingga 'menteri pencetak utang'.

Hal ini dipantau oleh PoliticaWave selama 28 Januari sampai 4 Februari 2019. Dari hasil pemantauan, pasangan Jokowi-Ma'ruf diperbincangkan secara positif oleh netizen sebesar 80% dan percakapan negatif sebesar 20%. Sementara pasangan Prabowo-Sandiaga meraih jumlah percakapan positif sebesar 74% dan percakapan negatif sebesar 26%.

"Terkait pasangan Prabowo-Sandiaga, beberapa isu positif di antaranya yaitu doa KH Maimun untuk Prabowo, kegiatan jalan sehat bersama Prabowo, kegiatan blusukan Sandiaga, deklarasi dukungan dari sejumlah pihak serta janji tidak impor menjadi perbincangan netizen di media sosial," papar Direktur Eksekutif PoliticaWave Yose Rizal lewat keterangan tertulis, Jumat (8/2/2019).



Doa KH Maimun Zubair atau Mbah Moen yang dimaksud adalah saat dia mendoakan Prabowo Subianto di samping Presiden Joko Widodo. Sementara, jalan sehat yang dimaksud adalah ketika Prabowo menghadiri jalan sehat Roemah Djoeang Prabowo-Sandi di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

"Sementara isu negatifnya yaitu terkait pernyataan Prabowo yang mengkritik Kemenkeu, tudingan sandiwara korban banjir lumpur, pernyataan Rocky Gerung terkait kitab suci fiksi, leluhur Prabowo yang menangkap Pangeran Diponegoro, dan isu hoax terkait utang dari pendukungnya," ungkap Yose Rizal.

Kritik Prabowo ke Kemenkeu yang dimaksud adalah ketika capres nomor urut 02 itu menyebut 'menteri pencetak uang'. Sementara itu, tudingan sandiwara korban banjir lumpur maksudnya adalah saat Sandiaga bertemu korban banjir di Makassar yang hanya berlumpur di bagian depan. Tudingan sandiwara itu sudah dibantah BPN Prabowo-Sandiaga hingga pria di foto itu sendiri.



PoliticaWave juga mencatat ada 11% akun-akun non-politik yang membicarakan Prabowo-Sandi. Bobot percakapan positif sebesar 6% dan negatif sebesar 94%.

"Isu positif yang menjadi sorotan dari kelompok ini yaitu isu prestasi anak kandung Prabowo yang patut diapresiasi. Sementara 94% percakapan negatif di antaranya dipicu oleh tudingan sandiwara Sandiaga terkait korban lumpur dan cibiran terhadap para pendukung Prabowo yang memprotes Jokowi soal kondisi Mindanao," jelasnya.

Ikuti perkembangan terbaru Pemilu 2019 hanya di detikPemilu. Klik di sini
(imk/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed